225 SISWA BARU SMPN 2 SUNGAILIAT MENGIKUTI MASA PENGENALAN

  • Whatsapp
Suasana Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru SMPN 2 Sungailiat
Suasana Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru SMPN 2 Sungailiat

Sebanyak 255 siwa baru tahun ajaran 2016/2017 SMP Negeri 2 Sungailiat mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Kegiatan tersebut berlangsung 25 – 27 Juli 2016 diisi dengan ceramah yang disampaikan nara sumber berlangsung di ruang serba guna SMP Negeri 2 Sungailiat.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala SMP Negeri 2 Sungailiat Drs. Arman, melalui ceramah yang disampaikan para nara sumber, khususnya dari pihak sekolah maka para siswa baru dapat mengetahui situasi sekolah dengan berbagai kegiatan baik kulikuler maupun ekstrakulikuler.

“ Beberapa materi yang disampaikan nara sumber juga terkait dengan pendidikan karakter, diantaranya  nara sumber memberikan penyuluhan tentang pesikologi anak, kesadaran berbangsa dan bernegara, sadar hukum dan tertib lalulintas,. Pendidikan karakter dan materi lainnya, “ kata Drs. Arman, Rabu ( 27/7) di sela – sela pembekalan hari terakhir bagi para siswa baru.

Diharapkannya, melalui penyuluhan yang diberikan dapat lebih memotivasi para siswa  untuk belajar dan mengetahui lingkungan sekolah yang akan menjadi tempat kegiatan belajar para siswa selama 3 tahun.

Sementara itu Ketua Komite SMP N 2 Boy Yandra, SKM, MPH kesempatan tersebut memberikan ceramah dihadapan para siswa tentang Pendidikan Karakter.

Dijelaskannya, untuk nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama, para siswa harus sadar akan hak dan klewajiban diri dan orang lain, patuh pada aturan – aturan sosial, menghargai karya dan prestasi  orang lain, santun dan demokratis.

“ Sebagai siswa agar dapat hidup disiplin dan  sehat, dengan disiplin dianataranya dalam mengatur waktu tidur sehingga tidak larut malam termasuk juga dalam mengatur watu belajar dan bermain, jangan melupakan melaksanakan sholat lima waktu,” ujar Kabag Humas, PDE dan Santel Setda Bangka ini..

Dikatakannya, pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai – nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai – nilai tersebut.

Menurut boy, nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan diantaranya kepedulian sosial dan lingkungan, disamping penanaman nilai kebangsaan sehingga menumbuhkan rasa nasionalis dan menghargai keberagaman yang perlu dimulai sejak dini.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru di SMP Negeri 2 Sungailiat yang dilakukan dalam bentuk  ceramah juga menghadirkan para nara sumber  diantaranya para guru, dari Pemkab Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan