30 PUTRA-PUTRI TERBAIK BANGKA IKUTI DIKLAT PASKIBRAKA

  • Whatsapp

PASKIBRAKA_WRTWN2

SUNGAILIAT — Sebanyak 30 orang putra-putri terbaik Kabupaten Bangka mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka-red). Hal tersebut terungkap pada kegiatan pembukaan Diklat Paskibraka Kabupaten Bangka tahun 2016, senin (01/08) di depan halaman Kantor Bupati Bangka.

Bacaan Lainnya

“ Peserta Diklat ini semuanya berjumlah sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 15 siswa putra dan 15 siswi putri yang berasal dari Sekolah Tingkat Atas/sederajat yang ada di Kabupaten Bangka dan merupakan lulusan terbaik dari rangkaian proses seleksi penerimaan anggota Paskibraka yang telah dilaksanakan sebelumnya,” kata Zainal, Ketua Panitia pelaksana.

Dijelaskannya lebih lanjut, selain hal tersebut juga telah terpilih dan lolos sebanyak 4 orang siswa Paskibraka yang terdiri dari 3 orang siswa putra dan 1 orang siswi mewakili Kabupaten Bangka sebagai Paskibraka di tingkat propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“ Diklat ini dimulai dari tanggal 31 juli s.d 16 agustus 2016 bertempat di lapangan Bina Satria Sungailiat, halaman gedung Sepintu Sedulang dan Hotel ST12 Sungailiat,” lanjutnya.

Menurutnya, adapun dasar pelaksanaan kegiatan berdasarkan Keputusan Bupati Bangka nomor 188.45/178/Dinpora/2016 tertanggal 29 juli 2016 tentang pembentukan panitia pelaksana serta penunjukan peserta, pasukan pengawal, komandan pasukan pengawal dan tenaga ahli.

“ Adapun tim pelatih pada kegiatan Diklat ini berasal dari unsur; Koramil 413-09/Sungailiat, Polres Bangka, Dinpora, serta Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bangka,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk pasukan pengawal dalam kegiatan ini berasal dfari kesatuan Kompi senapan-B 141-AYJP Sungailiat sebanyak 51 orang, yang terdiri dari 2 orang sebagai komandan pasukan dan komandan pleton, 4 orang sebagai pasukan 8 serta 45 orang sebagai pasukan 45.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangka Rustamsyah dalam kesempatan tersebut dalam sambutannya mengatakan peringatan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus merupakan momentum bersejarah dan penting bagi Bangsa Indonesia.

“ Nilai-nilai kebangsaan merupakan sesuatu yang tidak bisa kita tawarkan dan merupakan suatu hal yang hakiki yang harus dimiliki oleh setiap warga Indonesia,” ungkap Wabup

Dikatakannya, kegiatan diklat tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“ Yang perlu saya sampaikan yang namanya Diklat,sudah pasti ada yang berbentuk fisik dan non-fisik, terhadap yang non-fisik saya berpesan tanamkan kedalam diri masing-masing, intruktur dan narasumber akan memberikan penanaman nilai-nilai kebangsaaan, sedangkan yang berbentuk fisik, saya mengharapakn kepada peserta diklat, tidak ada kata mengeluh dan tidak ada kata-kata menjelekkan panitia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten bidang Perekonomian dan Pembanguna Setda Bangka M.kamil Abu bakar, Asisten bidang Administrasi Umum Setda Bangka Akhmad Mukhsin, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Bangka serta tamu undangan lainnya. (Humas Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan