73 Tahun Lahirnya Pancasila, Ideologi Bangsa Indonesia

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM, SUNGAILIAT — Penjabat Sekda Bangka H. Akhmad Mukhsin mengatakan, selama 73 Tahun Pancasila menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 Tahun Pancasila sudah bertahan dan tumbuh ditengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

Bacaan Lainnya

“Selama 73 Tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir didenyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” kata H. Akhmad Mukhsin, ketika membacakan sambuptan Presiden RI dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Bangka, Senin (05/06/2018) di halaman Kantor Bupati Bangka.

Dikatakannya, Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan YME. Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan, dan berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus beratu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,” sambungnya.

Lebih lanjut Akhmad Muksin mengatakan, dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbukadan kompetitif.

“Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat dan membara diseluruh lapisan masyarakat dan diseluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatub wa rabbun ghafur,” katanya lagi.

Ditambahkanya, Peringatan Hari Lahir Pancasila harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila dengan terus mengamalkan warisan mulia Founding Father ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kemada masyarakat dunia.

“Saya menyampaikan terima ksih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada Founding Father atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini. Saya juga ingin menyampaikan trimaksih dan penghargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini juga dirinya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat dan komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. Semangat bersatu, berbagai dan prestasi akan meneguhkan derap langkah dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. (Red)

 

Sumber : Humas Pemkab Bangka

Pos terkait

Tinggalkan Balasan