ATASI BANJIR IBUKOTA,KERJA LINTAS PEMDA

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM— Mengatasi Banjir di ibu kota provinsi, Kota Pangkalpinang ternyata memerlukan penanganan khusus dari pemerintah masing – masing daerah yang berhubungan langsung dengan sungai rangkui. Setidaknya, kerja lintas kabupaten ini pun dibarengi dengan kerja pihak provinsi.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar mengatakan banjir yang sering melanda Kota Pangkalpinang pada umumnya disebabkan air bercampur sedimen yang setiap tahun bertambah kapasitasnya dan ini juga merupakan kiriman dari kabupaten tetangga.

” Dengan dibangunnya kolam penangkap lumpur di hulu sungai pedindang, maka kami di Pangkalpinang sangat terbantu dan untuk mengatasi banjir disini bukan hanya tanggung jawab kami sendiri akan tetapi kita perlu bersama sama mengatasinya, mengingat biaya yang digunakan cukup besar,” ungkap Suparlan Kepada wartawan usai penanaman pohon di sekitar kolong kacang pedang, Rabu(22/03).

Dirinya menyebutkan sudah sewajarnya jika hulu diperbaiki, karena untuk hilirnya Pemkot Pangkalpinang sudah melaksanakan pada tahun 2016 lalu. ” Saya berharap untuk mengatasi banjir di Kota Pangkalpinang pemerintah pusat , provinsi dan pemkot dapat bersinergi bekerja sama terkait masalah anggaran untuk mengatasi masalah genangan ini,” ujarnya.

Kemudian dirinya mengakui secara alam Pangkalpinang banjir tidak bisa dielakan, karena disaat hujan deras dan air pasang maka debit air akan tertahan sehingga air tidak bisa keluar ke laut terjadi genangan.

” Untuk sementara kita akan berusaha untuk mengurangi genangan sehingga di saat air pasang dan bertepatan hujan air tidak tertahan dan cepat teruraikan ke laut,” ucapnya.

Selanjutnya, untuk pemeliharaan saluran agar tidak terjadi genangan pemkot menganggarkan sekitar 2 milyar setiap tahunnya, akan tetapi inu bukan hanya untuk kecamatan ataupun kelurahan yang terkena genangan saja namun seluruh wilayah.

” Seharunya ideal untuk pemiliharan sekitar 15 sampai 20 milyar setiap tahunnya,” (3

Pos terkait

Tinggalkan Balasan