Babel Gelorakan Semangat Gotong Royong Melalui BBGRM XIII dan HGK PKK ke-44

  • Whatsapp

IMG-20160825-WA0013 IMG-20160825-WA0015

KABARBANGKA.COM – Pangkalpinang

Bacaan Lainnya

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII, dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 tahun 2016 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (25/8).

Diharapkan melalui kegiatan tersebut, semangat kebersamaan, kesetiakawanan, toleransi dan saling bantu-membantu, yang menjadi dasar semangat gotong royong dapat berperan sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Selain hal tersebut diharapkan pula sebagai penyalur aspirasi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Serta peran keluarga dan dasawisma yang berkualitas untuk mewujudkan keluarga dan desa yang maju, mandiri, sejahtera.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si , membacakan sambutan tertulis Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

“Dalam pembangunan masyarakat, ada dua aspek yang mendasar, yaitu pembangunan dalam intervensi fisik yang berupa pembangunan infrastruktur, prasarana dan sarana uimum, serta pembangunan dalam intervensi kultural yang meliputi pembangunan mental, sikap dan perilaku masyarakat, “ lanjutnya.

Dalam kaitan dengan Pelaksanaan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII, dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 tahun 2016 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menurut Yan Megawandi untuk menuju masyarakat yang lebih sejahtera dimana gotong royong merupakan jiwa bangsa sekaligus modal sosial dalam menghadapi masa depan yang semakin kompleks dan Dasawisma merupakan ujung tombak keberhasilan dalam mewujudkan keluarga yang berdaya dan mandiri untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syaifuddin, SH selaku Ketua Panitia melaporkan tujuan diadakannya kegiatan BBGRM XIII, dan HKG PKK ke-44 ini adalah untuk meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotong-royongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan serta meningkatkan komitmen pemerintah daerah dalam melanjutkan dan mengembangkan pembangunan keluarga.

Ditambahkan oleh Syaifuddin, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil sejahtera.

“Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka diadakanlah berbagai perlombaan terkait di Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang hasil dan penyerahan penghargaannya dilakukan dalam kegiatan ini juga, “jelasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Leni Rustam Effendi yang membacakan sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat pada kesempatan itu disampaikan bahwa peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK merupakan hari yang penuh makna bagi gerakan PKK dalam berkiprah dan berkarya selama ini.

“Kita harus memaknai peringatan hari Kesatuan Gerak PKK ini tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat, tetapi untuk lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata Gerakan PKK selama ini, “ ujarnya.

Dengan tema HKG PKK ke 44 tahun 2016, yakni “Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK Melalui Penguatan Dasawisma”, menurut Hj. Leni Rustam Effendi tema ini mengandung makna agar segenap jajaran TP PKK secara berjenjang harus mampu membuktikan kinerjanya dengan berupaya keras untuk memperkuat ujung tombak gerakan PKK.

Usai Acara Pembukaan, Sekda beserta seluruh Undangan meninjau Pameran Ekonomi yang dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur dan penyerahan hadiah hasil bebagai lomba yang diadakan oleh TP PKK Provinsi Kepualuan Bangka Belitung, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa serta Badan Pemberdayaan Perempuan, KB dan Perlindungan Anak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (LOES/REZA/SUPRI/humasprobabel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan