BABINSA IKUT MEMANTAU HAMA PADI

  • Whatsapp
Babinsa bersama petani memantau serangan hama padi

KABARBANGKA.COM— Bintara pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 414-03/Gantung, Kabupaten Beltim, Serda I Putu Swastika. Memantau hama yang menyerang tanaman padi, Rabu, 24/05/2017.

Babinsa yang kali ini ditemani salah seorang petani, Suradi, saat meninjau lahan padi menemukan berbagai permasalahan yang menjadi gangguan dari tanaman padi. Diantaranya adalah serangan hama.

Bacaan Lainnya

Suradi saat ini masuk dalam Anggota Kelompok Tani dengan nama, Pelangi. Dan memiliki luas tanam sekarang kurang lebih 50×75 meter persegi. Sementara untuk jenis padi yang ditanam di hamparan sawah  di Tanjung Batu hitam ini berjenis Sibagendut.

Dalam peninjauan ditemukan berbagai penyakit diantaranya  Adanya hama jenis Walang sangit padi kerdil dan padi menguning.

Babinsa juga turut menyarankan agar pihak dinas terkait dapat memberikan pencegahan dengan bantuan obat hama.

“Iya tadi kami juga menyarankan agar Dinas Pertanian Kabupaten Beltim bisa membantu Saprodi berupa obat hama,” katanya.

Sehingga lanjutnya, diharapkan kita bisa bersama-sama dalam program masa tanam April September (Asep) yang bertujuan dapat meningkatkan hasil panen.

“Untuk mensukseskan program swasembada pangan di Kabupaten Belitung Timur,”  papar Danramil Kapten Cxi Tabrani, seijin Dandim Belitung.

Penulis : Pendim Rh

Editor : Lukman Hakim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan