oleh

Bangka Barat Dapat Kucuran Dana Hibah Rp. 600 Juta untuk Pariwisata

BANGKA BARAT — Kabupaten Bangka Barat mendapat kucuran dana hibah Rp. 600 juta untuk pelaku usaha di bidang pariwisata, hotel dan restoran. Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bambang Haryo Suseno mengungkapkan hal tersebut dikantornya, Selasa ( 24/11/2020 ).

“Besaran anggaran yang didapatkan oleh Kabupaten Bangka Barat sekitaran 600 juta dengan pembagian 70 persen untuk pelaku usaha hotel dan restoran, ini sedang dalam tahap permohonan penyaluran tahap I , pemberkasan sedang kita lakukan juga untuk di tandatangani bupati, menteri untuk segera Bangka Barat menerima penyaluran tahap I dari bantuan hibah tersebut,” beber pria yang akrab disapa Seno ini.

Dikatakannya, seluruh penggunaan dana hibah pariwisata dari pemerintah ini akan diawasi langsung oleh Inspektorat Kabupaten Bangka Barat.

Dana tersebut jelas dia, akan digunakan untuk sosialisasi protokol kesehatan, pengadaan alat prokes seperti masker, hand sanitizer lain – lain ditempat – tempat wisata sebesar 25 persen dan sisanya sebesar 5 persen akan digunakan untuk Aparat Pengawasan Intern Pemerintah ( APIP ).

Seno melanjutkan, persyaratan untuk pelaku usaha industri, hotel dan restoran yang boleh menerima dana tersebut yaitu, telah mengantongi izin dan sudah membayar pajak di tahun 2019. Sementara ini data yang sudah dikelola pihaknya sekitar 180 unit pelaku usaha yang sudah membayar pajak.

” Datanya bersumber dari wajib pajak, kalau tidak memiliki perizinan tidak membayar pajak berarti tidak masuk kedalam database dan datanya bukan dari dinas kami, tapi bersumber dari data perizinan dari PTSP yang membayar pajak di tahun 2019,” papar dia.

” Kita berharap insentif bantuan dari pemerintah pusat segera di terima pelaku usaha, sebab pandemi Covid – 19 ini kan berdampak terhadap penghasilan mereka,” tutup Seno. ( SK )

News Feed