BANGKA MILIKI 50 RIBU LEBIH UMKM

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM—- Banyaknya pelaku usaha kecil yang lahir, Pemerintah Kabupaten Bangka berupaya memberikan arahan, bimbingan dan pelatihan, pembinaan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).
“Kita terus mendata dan melakukan pembinaan dan pemberdayaan melalui pengembangan,” ungkap Kasi UMKM pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DinPMP2KUKM) Kabupaten Bangka, Marliana.
Marliana menguraikan, untuk pemberdayaan, pihaknya terus melakukan inventarisir semua pelaku usaha kecil dan menengah yang baru.
“Minimal telah berjalan satu tahun, dan bisa berjalan terus,” jelasnya lagi.
Dikatakannya, pengembangan UMKM ini bisa melalui permodalan, pemasaran dan legalitas usaha.
“Legalitas itu perlu, minimal izin keterangan usaha dari lurah atau kepala desa, atau lebih mengurus SITU, SIUPnya, dengan pengurusan perizinan ke PATEN Kecamatan dan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DinPMP2KUKM) Kabupaten Bangka.” katanya.
Terkait permodalan, Marliana mengungkapkan, pihak pemerintah daerah tidak menganggarkan pembiayaan permodalan usaha, namun pemda mengarahkannya ke perusahaan-perusahaan, perbankan dan BUMN seperti PT. Timah Tbk.
“Bisa mengajukan ke perbankan melalui program KUR, KUM atau non perbankan seperti CSR,” ungkapnya lagi.
Sementara itu untuk pemasaran produk, Marliana meminta semua SKPD dapat bersinergi dan bekerja sama dalam membantu usaha kecil dan menengah ini. “Pemasarannya bisa mandiri, kolega, antar pengusaha, atau bisa melalui event-event pameran, baik itu pameran kita sendiri maupun diundang,” katanya.
Untuk pelaku UMKM di Kabupaten Bangka sekarang ini berjumlah kurang lebih 50 ribu pelaku usaha kecil dan menengah, sesuai hasil rapat koordinasi pemerintahan provinsi. (Pemkab Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan