BKP3 BANGKA SOSIALISASI ANALISIS NILAI TUKAR PETANI

  • Whatsapp

dsc_0008 dsc_0011

KABARBANGKA.COM — Analisis Nilai Tukar Petani di kabupaten Bangka merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Bangka sejak tiga tahun terakhir ini bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik ( BPS ) kabupaten Bangka.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Bangka Tony Marza menjelaskan analisis nilai tukar petani untuk mengetahui data seputar petani di kabupaten Bangka.

“ Bagaimana trend dan antara data yang tersaji, realitas yang ada sehingga data yang didapat berguna bagi Pemkab Bangka khususnya untuk mengambil kebijakan – kebijakan sebagai langkah antisipasi terhapan kondisi petanian,” kata Tony Marza, Jumat (30/9) pada sosialisasi Analisis Nilai Tukar Petani yang berlangsung di ruang rapat Bina Praja kantor Bupati Bangka.

Berdasarkan data pada tahun 2014 menunjukkan di Kabupaten Bangka terdapat sejumlah sektor mengalami penurunan diantaranya harga komoditi pertanian dan perkebunanan.

Menurutnya, Bupati bangka minta adanya Difersifikasi terhadap sumber- sumber pertanian yang lain, seperti selama ini kabupaten Bangka hanya tertumpu pada karet dan lada, namun ada alternasif lain diantaranya adanya pengembangan ubi Kasesa untuk bahan tepung tapioka diikuti dengan kebijak program Kebun Singkong Rakyat (KSR).

Difersifikasi merupakan salah satu cara memperbaiki dan mengantisipasi penurunan dari nilai tukar petani,sehingga analisis nilai tukar petani sangat dibutuhkan

“ Kondisi aktifitas masyarakat dalam kehidupan sehari – hari dapat terlihat fenomena di masyarakat, dimana pasar sepi termasuk aktifitas pedagangan lainnya, merupakan realitas namun seberapa besar tingkat penurunan dan kenaikannya, harus bekerjasama dengan BPS guna menghitung dan menganalisis nilai tukar petani itu dari tahun ke tahun, “ papar mantan Camat Sungailiat ini.

Diharapannya data nilai tukar petani dari BPS kedepan dapat menyajikan data dalam tahun yang sama, seperi saat ini yang dibutuhkan data tahun 2016 bukannya tahun sebelumnya untuk mengetahui analis data.

Sosialisasi Analisis Nilai Tukar Petani kabupaten Bangka juga dihadiri Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Panbudi Marwoto, Kepala BPS kabupaten Bangka A.Thamrin dan peserta sosialisasi lainnya.(Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan