BPOM Pastikan Jajanan Buka Puasa Aman Untuk Dikonsumsi

  • Whatsapp

KABARBANGKA. COM— Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM) Pangkalpinang melaksanakan sidak ke beberapa tempat penjualan makanan berbuka puasa yang ada di Kota Pangkalpinang, Jum’at( 02/06/2017).

” Sidak kali ini ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengambil sampel sekaligus mengecek kualitas menu jajanan pasar yang dijual, apakah layak atau tidak untuk dikonsumsi masyarakat,” Ungkap Salah satu Tim BPOM, Muhammad Bagir Kepada Wartawan.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, BPOM pangkalpinang menerjunkan tiga tim untuk mengambil sampel makanan yang tersebar di seluruh titik di Kota Pangkalpinang.

” Ada tiga tim yang turun hari ini, adapun wilayah yang kita ambil sampel makanannya adalah pedagang yang berada di sekitar masjid jami-jalan mentok, air itam-semabung, gabek-selindung,” katanya.

Kemudian dirinya menyebutkan dari beberapa titik lokasi tim diterjunkan, setidaknya ada sebanyak 93 jenis makanan yang kita ambil untuk dijadikan sampel.

” pada umumnya sampel makanan yang kita ambil sebagai sampel adalah jenis makanan basah seperti kue, lakso, bergo, otak-otak, pempek, apem beras dan berbagai jenis makanan lainnya,” Jelas Bagir.

Selanjutnya bagir menjelaskan target dari giat ini adalah mengambil sampel makanan yang dicurigai mengandung formalin, boraks, rhodamin, dan metanil yellow yang kita uji.

” Dari 93 jenis makanan yang kita ambil sampel, alhamdulillah setelah dilakukan pengecekan semua jenis makanan tersebut bebas dari barang barang kimia berbahaya dan aman untuk dikonsumsi,” Pungkasnya.

 

Penulis : Eko Septianto Rasyim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan