Budiono Kritisi Keputusan Bupati Bangka No 42 Tahun 2016

  • Whatsapp
BUDIONO, SH

KABARBANGKA.COM — Budiono SH dan Junaidi SH, selaku kuasa hukum Pemerintah Desa Cit, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, mengkritisi Keputusan Bupati Bangka Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Batas Desa Cit Dengan Desa Mapur. Kritik tersebut dituangkan Budiono dalam Press Realese yang diterima kabarbangka.com, Minggu (13/08/2017) sekira pukul 15.53 WIB petang, yang isinya sebagai berikut:

Kami yang bertandatangan dibawah ini BUDIYONO,SH dan JUNAIDI,SH adalah Advokat dan Konsultan Hukum pada kantor BUDIYONO & Associates yang beralamat di Ruko Sudirman Centre Blok A No.2 Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka berdasarkan surat kuasa khusus Nomor :13/BDY&ASS/VIII/2017 Tanggal 1 Agustus 2017 (terlampir) bersama ini kami selaku kuasa hukum pemerintah Desa Cit menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

Sehubungan dengan telah terbitnya Peraturan Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tentang Batas Desa antara Desa Mapur dengan Desa Cit Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka yang telah ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 1 Oktober 2016, maka dengan ini kami atas nama Pemerintah Desa Cit dengan tegas menyampaikan kepada Bapak Bupati Bangka Drs H.Tarmizi Saat bahwa kami tidak sependapat dan menolak KEPUTUSAN Peraturan Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tentang Batas Desa antara Desa Mapur dengan Desa Cit Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka yang telah bapak keluarkan tersebut.

Kami menilai keputusan tersebut adalah suatu keputusan yang terkesan terburu-buru dan tidak melihat pakta sejarah yang sebenarnya mengenai batas –batas desa dan bukti-bukti administrasi lainya, yang akibatnya saat ini masyarakat yang dalam hal ini adalah Pemerintah Desa Cit telah mengalami kekecewaan yang mendalam atas ketidakcerdasan nurani bapak Bupati Bangka dalam hal mengeluarkan Peraturan Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tersebut. Selain itu juga masyarakat desa Cit Dan Pemerintah Desa Telah mengalami kerugian kerugian baik materil dan imateril.

Bupati Bangka yang kami hormati, pada dasarnya kami masyarakat dan Pemerintah Desa Cit adalah suatu masyarakat yang patuh dan taat atas peraturan dan perundangan yang ada di negara ini.begitu juga dengan Peraturan Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tentang Batas Desa antara Desa Mapur dengan Desa Cit Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka yang telah di tetapkan dan diundangkan pada tanggal 1 Oktober 2016 namun yang menjadi masalah saat ini Peraturan Bapak Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tersebut telah merampas batas wilayah dan hak-hak masyarakat yang telah puluhan tahun atau selama ini kami urus dengan pengorbanan baik tenaga, waktu, harta dan pikiran kami.

Bahwa, kami menilai Bupati Bangka telah lalai dalam hal proses pembuatan Peraturan Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tersebut karena telah mengenyampingkan dan tidak mempertimbangkan Berita acara kesepakatan internal mengenai Batas Desa Cit nomor : 1/190107.2004/BA/2015 tanggal 13 April 2015 yang telah di tetapkan oleh Tim Penetapan Dan Penegasan Batas Desa Cit yang berdasarkan dokumen-dokumen batas Desa Mapur berupa surat-surat tanah yang telah di tandatangani oleh Kepala Desa Cit sejak tahun 1970-an, Kartu Keluraga Air Tungket Desa Cit serta batas-batas alam berupa aliran sungai yang selama ini menjadi wilayah pembangunan dan pemerintahan Desa Cit dan Petunjuk dari tokoh masyarakat Desa Cit bahwa telah di tetapkan BATAS DESA CIT DENGAN DESA MAPUR ADALAH ALIRAN AIR LEKOK BERTEMU DENGAN ALIRAN AIR KELUBIN SAMPAI KUALA MAPUR, yang merupakan batas Desa Cit dengan Desa Pugul yang selama ini tidak ada permasalahan.

Bahwa, saat ini dengan telah terbitnya Peraturan Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tentang Batas Desa antara Desa Mapur dengan Desa Cit Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, telah menimbulkan permasalahan hukum yang serius tentang batas Desa Cit dengan Desa Mapur, dimana Desa Mapur itu sendiri merupakan pemekaran dari Desa Pugul yang seharusnya batas Desa Cit dengan Desa Pugul itu menjadi acuan Tim Penetapan dan penegasan batas Desa Kabupaten Bangka bukan malah menimbulkan permasalahan perbatasan antara Desa Cit dan Desa Mapur.

Bahwa, pada tanggal 22 februari 2017 di balai Desa Cit dilakukan musyawarah Desa yang di hadiri oleh Kapolsek Riau Silip, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, BPD Desa Cit, dan Pemerintah Desa Cit untuk membentuk kembali Tim Penegasan Batas desa Cit dengan Desa Mapur,selanjutnya pada tanggal 15 Maret 2017 Tim Penegasan Batas Desa Cit yang telah terbentuk tersebut kembali melakukan penguatan terhadap keputusan tim penetepan dan penegasan batas Desa cit tahun 2015, dengan melakukan penetuan titik kordinat batas Desa Cit yaitu aliran air Lekok bertemu dengan aliran air kelubin sampai dengan kuala Mapur dengan titik kordinat dengan skala 1 : 30.000.

Bahwa dari hasil pengukuran ulang Tim Penegasan Batas Desa Cit tesebut dan di cocokan dengan Peta lampiran peraturan Bupati Bangka Nomor 42 tahun 2016 telah diketahui bahwa Peta lampiran peraturan Bupati Bangka Nomor 42 tahun 2016 telah masuk jauh kewilayah desa Cit yang mengakibatkan berkurang dan semangkin menyempit luas wilayah Desa Cit.

Bahwa menindaklanjuti dari permasalah ini kami selaku kuasa hukum Pemerintah Desa Cit “Menegaskan “ kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka yang dalam hal ini adalah bapak Bupati Bangka Ir. H Tarmizi Saat untuk dapat meninjau ulang Peraturan Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tersebut, hal ini adalah sangat penting sebelum kami selaku Kuasa Hukum Pemerintah Desa Cit melakukan upaya perlawan perlawan secara hukum.

Dan juga kami sangat mengharapkan peran sebagaimana fungsinya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka untuk dapat merespon secara cepat dan akurat persoalan ini dengan segerah membentuk PANSUS tentang Peraturan Bupati Bangka No. 42 Tahun 2016 tentang Batas Desa antara Desa Mapur dengan Desa Cit Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka yang telah di tetapkan atau diundangkan pada tanggal 1 Oktober 2016.

Demikian hal ini kami sampaikan. (*)

Sungailiat, 12 Agustus 2017

KUASA HUKUM
PEMERINTAH DESA CIT KECAMATAN RIAU SILIP
KABUPATEN BANGKA

BUDIYONO,SH – JUNAIDI,SH

Pos terkait

Tinggalkan Balasan