BUPATI BANGKA : AYO CINTA & GEMAR MEMBACA AL QURAN

  • Whatsapp

dsc_0178 dsc_0179 dsc_0214 dsc_0238

KABARBANGKA.COM — Sebanyak 19 siswa yang Khatam Al Quran dalam program One Day One Juz tingkat Kecamatan Puding Besar, Selasa (15/11) di SMP N 1 Puding Besar.

Bacaan Lainnya

Khatam Al Quran dihadiri Bupati Bangka Tramizi Saat, Asisten Adminitrasi umum Sekda Bangka Akhmad Mukhsin, kepala SKPD dan undangan lainnya.

Bupati Bangka Tramizi Saat mengatakan, untuk program One day One Juz tahun 2017 diganti menjadi Ayo Cinta dan Gemar Membaca Al Quran.

“ Al Quran ini bukan bacaan biasa yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad SAW, kita harus membaca, mempelajari dan mengamalkan, oleh sebab itu program ini akan terus berlanjut selain adanya program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji, “ ujar Tarmizi.

Bupati mengajak mengisi kehidupan ini dengan hal – hal yang bermanfaat agar dapat menjadi orang yang bermartabat.

“ Kalau martabat sudah jatuh tidak akan ada harganya diri sesesorang dimata sesama manusia dan Tuhan,” tukasnya.

Bupati juga menjelaskan, rencana program pembangunan yang dilakukan Pemkab Bangka di Kecamatan Puding Besar diantaranya pembangunan Jalan berupa pengaspalan jalan di desa Puding Besar dengan anggaran Rp 5,2 milyar dianggarkan untuk tahun 2017, serta akan dibangun rumah sakit.

Menurut Bupati Tarmizi saat, Puding Besar nantinya akan menjadi kota, karena saat ini sudah dibangun sejumlah infrastruktur pendukung, saat ini sudah ada perbankan, bakal berdiri pabrik tapioka dan pembangunan lainnya.

Diharapkannya para siswa untuk mempersiapkan diri agar nantinya Jangan jadi penonton dikampung sendiri, untuk itu siswa dari Puding Besar dapat bersaing dengan siswa di kecamatan lain terutama dapat mengikuti sejumlah program bea siswa yang dilaksanakan Pemkab Bangka.

Kesempatan tersebut Bupati memberikan bantuan Al Quran dan Rehal serta bonus untuk siswa yang mengikuti khatam yang berhasil menjawab sejumlah pertanyaan yang disampaikan Bupati Bangka.

Sementara itu kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Puding Zuri Afrizal mengatakan Al Quran yang diturunkan Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pedoman, sumber dari segala sumber hukum yang terdiri dari 30 juz, 114 surat dan 6666 ayat, dengan masa 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari.

“ Membaca dan mengamalkan menjadi suatu hal yang sangat penting dalam Al Quran, sampai – sampai ayat yang pertama kali diturunkan Allah SWT adalah perintah membaca yang tertuang dalam surat Al Alaq ayat 1,” jelasnya.

Dikatakannya, belajar membaca Al Quran tidak cukup hanya pada pendidikan formal saja, tetapi bisa juga pada pendidikan non formal.

Sedangkan tujuan kegiatan khatam Al Quran, agar peserta didik lebih mencintai dan gemar membaca Al Quran dirumah maupun di sekolah, Peran serta orangtua dan masyarakat diharapkan dapat mengajak anak ayo mengaji tiap hari.

Rangkaian kegiatan khatam Al Quran Kecamatan Puding Besar juga diisi dengan Lomba Hias telur khatam Al Quran keluar sebagai juara I. SD N 6 Puding Besar, juara II. SMP N 1 Puding Besar, dan III SDN 2 Puding Besar.(Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan