BUPATI BANGKA : ISLAM AGAMA IDENTIK DENGAN KEDAMAIAN

  • Whatsapp

dsc_9390 dsc_9439

KABARBANGKA.COM — Islam merupakan agama yang rahmatanlilalamin, karena itu Islam merupakan agama yang identik dengan kedamaian.

Bacaan Lainnya

“ Islam merupakan agama yang mendatangkan kedamaian, sebagai agama yang dipeluk mayoritas masyarakat di Indonesia,” kata Tarmizi Saat, Bupati Bangka ketika membuka Dialog Pelibatan Da’i Dalam Program Islam Damai untuK Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (29/9) di Tanjung Pesona Sungailiat.

Kekerasan yang mengatasnamakan Islam yang menjadi isu global dan nasional, akibat ulah sekelompok orang yang salah mempersepsikan Islam.

Menuru Bupati, Ulah sekelompok orang tersebut menjadikan Islam dinilai sebagai agama yang identik dengan kekerasan.

Dijelaskannya, kekerasan yang mengatasnamakan agama karena pemahaman yang tidak sepenuhnya terhadap Islam, baik secara tempat maupun waktu.

“ Alhamdulillah, kita di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khusunya di kabupaten Bangka, tidak merasakan ancaman langsung terorisme, namun ada gejala radikalisme yang skalanya kecil,” tukas Tarmizi.

Mengantisipasi tindak redikalisme dan terorisme di kabupaten Bangka, setiap tahun Pemkab Bangka melalui kantor Kesbagpol, mengadakan kegiatan yang dinamakan Petra yakni peningkatan toleransi dan kerukunan ummat beragama.

Tokoh – tokoh agama dan masyarakat menjadi peserta, diantara topik yang pernah dibahas terkait dengan keberadaan ISIS dan organisasi – organisasi sempalan dalam Islam, disamping topik – topik lain.

Bupati menuturkan, sehubungan dengan penyebaran pesan – pesan kedamaian Islam, da’i pun harus menunjukkan keaktifannya, inisiatif dan proaktif dalam mengantisipasi radikalisme dan terorisme pasca kegiatan dialog tersebut.

Masyarakat di kabupaten Bangka selalu terbuka dengan agama apapun, dan selalu hidup rukundan damai.

Dialog Pelibatan Da’i Dalam Program Islam Damai untun Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diselanggarakan FKPT Bangka Belitung dengan narasumber Prof Dr Nusyam Rasyid M.Si, Sekjen Kemenag RI, diikuti seratus lebih beserta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan