BUPATI BANGKA LAUNCHING SIPKT DAN PRIMAJAGA ‘’RETAK’’

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka meluncurkan 2 program sekaligus sebagai wujud efektivitas layanan publik dan diklaim pertama di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Peluncuran yang diistilahkan “Kick Off Meeting” untuk PRIMAJAGA “RETAK (Pelayanan Prima Jangkau Warga Rekam Identitas, Tuntaskan Administrasi Kependudukan) dan SIPKT (Sistem Informasi Pengelolaan Kemiskinan Terintegrasi) berlangsung di ruang rapat Bina Praja Setda Bangka, Kamis (22/12/2016).

Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM mengutarakan, ‎aplikasi SIPKT bertujuan untuk mengecek data kemiskinan yang telah tencantum data nama, alamat, bantuan yang diterima dan bisa dicek melalui aplikasi di ponsel android. Program tersebut rencananya diminta untuk diterapkan ke kabupaten/kota se Babel.

Untuk PRIMAJAGA “RETAK” diharapkan dapat mempercepat proses pembuatan akta kelahiran yang ketika baru lahir dalam waktu sebentar saja bisa diterbitkan aktanya, demikian juga untuk akta kematian. Ia berharap SKPD di Kabupaten Bangka terpacu menciptakan program inovasi lainnya untuk meningkatkan layanan di Kabupaten Bangka.

“Seperti video conference untuk meningkatkan layanan kesehatan antara dokter spesialis dengan dokter umum di kecamatan bila menangani pasien penyakit tertentu. Itu sudah saya ingatkan sejak 2 tahun 7 bulan lalu, kedepan harus dipikirkan,” sebut Tarmizi.

Dikatakan Bupati Bangka lagi, dalam periode RPJMD tahun 2014-2018 Pemerintah Kabupaten Bangka memberikan perhatian yang sangat tinggi dalam pengentasan kemiskinan yang salah satu bentuk pendataan tersebut adalah dengan membangun sistem informasi pengelolaan kemiskinan terintegrasi (SIP KITE).

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Panbudi Marwoto mengatakan, pentingnya PRIMAJAGA “RETAK” dan SIPKT untuk mendukung pemerintah dalam memiliki data yang akurat. Data akurat bertujuan untuk menjadi pedoman dalam pengambilan keputusan dan kebijakan atas suatu persoalan. Pentingnya data yang akurat pun untuk mencegah pemerintah disomasi oleh masyarakat karena situasi masyarakat kian kritis.

Sekilas mengenai PRIMAJAGA “RETAK” merupakan pelayanan akta kelahiran bagi bayi yang baru dilahirkan di Puskesmas dan Rumah Sakit. PRIMAJAGA “RETAK” juga merupakan pelayanan akta kelahiran dan akta kematian melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)‎. Semua pengurusan dan penerbitan dokumen tidak dikenakan biaya alias gratis.

Sedangkan SIPKT merupakan sebuah sistem informasi kemiskinan paling lengkap di Indonesia dan paling mudah diakses masyarakat luas. Sistem informasi ini dibangun dengan mengedepankan Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang by name, by address, by photo, by coordinate, by navigation, by profile dan by charity (program kemiskinan) dan dapat diakses semua orang melalui perangkat ponses berbasis android dan GPS.

‘’Sistem informasi ini merupakan suatu informasi kemiskinan yang paling lengkap di indonesia dan paling mudah di akses oleh masyarakat luas. Sistem informasi ini dibagun dengan mengedepankan rumah tangga sasaran (rts) yang by name, by address, by photo,by coordinate, by navigation, by profile, dan by charity dan dapat diakses oleh semua orang melalui perangkat hp yang berbasis android dan gps,’’ungkap Kepala BAPPEDA.

Dalam Kick Off SIPKT dan PRIMAJAGA “RETAK” kemarin ditandai dengan pembukaan tirai program inovasi layanan tersebut oleh Bupati Bangka didampingi Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka. Kegiatan kemarin dihadiri juga oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Bangka, kepala SKPD se Kabupaten Bangka, pihak kecamatan, kelurahan dan desa yang ada di Kabupaten Bangka. (Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan