BUPATI BANGKA MELEPAS PAWAI TAKBIT IDUL ADHA 1437 H

  • Whatsapp

dsc_7593 dsc_7602

KABARBANGKA.COM — Bupati Bangka Tarmizi Saat melepas peserta pawai takbir menyambut Idul Adhan 1437 H di Sungailiat.

Bacaan Lainnya

Pelepasan berlangsung di Masjid Agung , Minggu (11/9) malam setelah sholat Isya, yang juga dihadiri Kapolres Bangka AKBP Sekar Malauana, para Asisten Sekda Bangka, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Bangka, dan tokoh agama.

Bupati Bangka mengumandangkan tabir yang diikuti ratusan peserta .pawai takbir, sebelum melakukan pelepasan.

Tarmizi mengingatkan kepada para peserta untuk mematuhi peraturan berlalulintas, sehingga dapat tertib selama mengikuti pawai takbir.

“ Ikuti panduan dari pak polisi, agar tertib berlalulintas, “ ujarnya.

Ratusan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat mengikuti pawai takbir melalui rute dimulai dari Masjid Agung, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jendral Sudirman, Pelabuhan Perikanan, Nanung, seputaran pasar Sungailiat, jalan Hos Cokroaminoto, Jalan Batin Tikal, Air Ruai, Jalan Imam Bonjol dan berakhir kembali di masjid.

Sepanjang jalan yang dialului para peserta berkendaraan roda empat dengan bak terbuka membawa beduk yang terus ditabuh mengikuti suara takbir dari pengeras suara.

Semarak takbi menyambut Idul Adha di kota Sungailiat mendapat pengamanan dari anggota polres Bangka, berjalan tertib, aman dan lancar.

Sementara itu Bupati Bangka memaknai ibadah qurban yang memiliki nilai ketauhidan yang sangat kental, dimana nabi ibrahim As dengan mengorbankan anak satu – satunya yang amat dicintainya.

“ Peristiwa ini mengajarkan ummat manusia dapat bertauhid yang sesungguhnya,” jelasnya.

Menurutnya, Nabi Ibrahim membebaskan dirinya dari penhambaan kepada materi menuju penghambaan kepada Allah SWT semata.

“ Jika seseorang telah terbiasa melakukan ibadah qurban dan mengetahui makna sebenarnya maka hatinya akan merasa lebih tentram,” ungkap Bupati Bangka.

Idul Adha 1437 H ini, Bupati Bangka Tarmizi Saat menyembelih sejumlah hewan qurban.

Kepala Bagian Humas, PDE dan Santel Setda Bangka Boy Yandra menjelaskan, hewan qurban Bupati Bangka sebanyak 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

“ Diantara tempat yang mendapat hewan qurban berupa sapi dari bupati Bangka meliputi Belinyu, Parit Pekir, desa Bukit Betung, Kemuja dan desa Rebo 1 ekor kambing,” tukas Boy Yandra.

Sedangkan khusus untuk pegawai honor di lingkungan Pemkab Bangka juga mendapat daging qurban, disediakan 4 ekor sapi..

Selain itu masjid Agung Sungailiat juga menerima hewan quran dari Presiden RI Joko Widodo berupa satu ekor sapi Limosin dengan berat 1 ton lebih.

Penyerahan hewan qurban dari Presiden dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Bangka Belitung Rustam Efendi setelah sholat Ied di Masjid Agung, Senin (12/9).

Setelah itu Gubernur akan bersilatuahmi di rumah dinas Bupati Bangka, pengurus masjid Jabal Nur dan Pengurus Masjid Al Muhajirin RSS Sungailiat.

Idul Adhan 1437 H ini, Bupati Bangka Tarmizi Saat melakukan open house di rumah dinas di jalan Ahmad Yani bagi masyarakat. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan