Bupati Bangka Membuka Diklat Restribusi dan Pajak Daerah

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Bupati Bangka Tarmizi Saat membuka Diklat Restribusi dan Pajak Daerah Kabupaten Bangka, Senin (3/4) di Hotel ST 12 Sungailiat.

Bacaan Lainnya

Bupati mengatakan, sejak ditetapkannya sistem otonomi daerah, pemerintah daerah berhak dan diberi kewenangan untuk mengurus dan menyelenggarakan sendiri pemerintahannya, oleh karena itu Pemda dituntut untuk kreatif dalam mecari sumber – sumber keuangan untuk menunjang keuangan dan pembangunan daerah.

Menurut Undang Undang Pajak Daerah dan Restribusi Daerah nomor 28 tahun 2009, restribusi adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan atau diberikan oleh Pemda untuk kepentingan orang pribadi atau Badan.

Sedangkan pajak daerah kontribusinya wajib kepada daerah terutama oleh orang pribadi atau badan bersifat mamaksa berdasarkan undang undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah sebesar – besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Dijelaskannya, paradigma baru pengelolaan restribusi dan pajak daerah dimulai dengan pembenahan dari internal, instansi pengelola itu sendiri dimulai dari personil, maupun melalui pembenahan sistem, keterbukaan terhadap pelaksanaan peraturan dan ketentuan tentang pajak dan restribusi daerah kepada wajib pajak dan wajib restribusi adalah wujud nyata untuk melahirkan paradigma tersebut, dengan demikian akan tercipta suatu kemandirian dari para wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya.

Untuk lebih menguasai dan memahami serta mampu melaksanakan peraturan dimaksud, maka kegiatan pendidikan dan pelatihan restribusi dan pajak daerah ini menjadi kegiatan prioritas bagi kepentingan pemerintah daerah.

“ Saya mengharapkan kegiatan ini memiliki nilai tambah dalam peningkatan kompetensi para PNS khususnya bagi para pengelola restribusi dan pajak daerah di lingkungan Pemerinta Kabupaten Bangka,” ujarnya.

Menurut Bupati, banyak celah yang dapat dilakukan untuk peningkatan penerimaan pajak dan restribusi daerah yang dapat dilakukan bagi para pengelola restribusi dan pajak daerah.

Sementara itu Panitia pelaksana Diklat Nining Lestari menjelaskan, tujuan pelaksanaan Diklat untuk peningkatan kompetensi Sumber Daya Aparatur di bidang pengelola restribusi dan pajak daerah.

Peserta diklat berjumlah 50 orang merupakan PNS di lingkungan Pemkab Bangka yang membidangi tugas pengelolaan restribusi dan pajak daerah.

Sedangkan narasumber berasal dari Kementerian Keuangan RI, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangka, dan Pejabat Pemerintah Kabupaten Bangka. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan