BUPATI BANGKA PANEN PADI LADANG DI PAYA BENUA

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM, bersama dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, DR. Ir. Muhammad Syakir, M.Si, dan para petani di Desa Payabenua melakukan panen padi ladang, Sabtu (21/1/2017).

Bacaan Lainnya

Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM, dalam sambutannya mengatakan, panen padi di Desa Payabenua ini adalah panen kelima yang dilakukannya baik itu padi ladang dan padi sawah di Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka mengucapkan terima kasih kepada segenap elemen baik itu dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, TNI/Polri, para petani, Kepala Desa, Penyuluh pertanian dan unsur lainnya yang telah memberikan perhatian terhadap pertanian di Kabupaten Bangka, sehingga dengan adanya sinergitas dari semua pihak wilayah di Kabupaten Bangka sudah terhampar padi dan masyarakat sudah banyak yang menanam padi.

‘’Selama kurang lebih 30 tahun saya menjadi pegawai negeri, baru tahun ini saya merasakan banyaknya masyarakat menanam padi,’’ungkap Bupati Bangka.

Dijelaskan Bupati Bangka, untuk cetak sawah di daerah yang dipimpinnya sudah mencetak 2200 hektar dalam waktu 7 bulan yang merupakan cetak sawah terbanyak di Provinsi Bangka Belitung dan untuk tahun 2017 akan difokuskan untuk membangun irigasi pada areal persawahan di Kabupaten Bangka.

“Saya minta bagaimana padi ladang ini umurnya pendek dan hasilnya banyak. Lahan dan anggaran akan kita siapkan dan diharapkan kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian ini bisa memajukan dunia pertanian di Kabupaten Bangka,’’jelas Bupati Bangka.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, DR. Ir. Muhammad Syakir, M.Si, mengatakan, dirinya merasa bangga terhadap Bupati Bangka yang sangat antusias dalam memajukan pertanian di Kabupaten Bangka dan mendukung program ketahanan pangan dari pusat dan hasilnya untuk Indonesia pada tahun 2016, Indonesia tidak lagi mengimpor beras dengan dukungan Pemda, petani, penyuluh pertanian, dan TNI.
Peningkatan pertanian pada akhirnya bermuara dengan peningkatan kesejahteraan petani. Kerjasama dengan Pemda Bangka ini merupakan tanggung jawab Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian untuk inovasi kemajuan pertanian di Kabupaten Bangka.

‘’Saya sangat bangga dengan Bupati Bangka karena pengembangan padi gogo (padi ladang-red) meningkat di Kabupaten Bangka. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian juga akan memberikan bantuan untuk peningkatan produktifitas padi gogo karena memang dari jumlah 5 ribu padi di Babel ini 3 ribu adalah padi gogo dan kita akan mengupayakan produktifitas padi gogo dengan hasil 7 ton perhektar, ’’ucap Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Kemas Arfani Rahman, dalam sambutannya mengatakan, khusus di Kecamatan Mendobarat sudah terealisasi penanaman padi sekitar 1400 hektar dan di Desa Paya Benua untuk padi ladang sudah memberikan kontribusi sekitar 350 hektar.

‘’Untuk padi ladang di Bangka ini masih menggunakan bibit padi ladang lokal karena sudah mengetahui hasilnya. Kita menargetkan pada tahun 2017 untuk pencapaian pemenuhan beras di Kabupaten Bangka 30 persen dengan luas panen

Dalam kegiatan panen padi ladang di Paya Benua tersebut dilakukan juga penandatanganan kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, pemberian bantuan alat pertanian berupa traktor roda empat, dan juga pemberian bantuan kepada pengurus masjid, majelis taklim, dan bantuan pembangunan kepada masyarakat yang belum mempunyai rumah. (Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan