Bupati Bangka Serahkan SK CPNS 14 Penyuluh Pertanian

  • Whatsapp

  

KABARBANGKA.COM — Untuk  pertama kalinya Bupati Bangka Tarmizi Saat menyerahkan Surat Keputusan ( SK ) Calon Pegawai Negeri sipil ( CPNS ) berlangsung di rumah dinas Bupati. Hal itu dikaui Bupati ketika menyerahkan SK CPNS kepada 14 orang penyuluh pertanian, Jumat (18/8).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya acara penyerahan SK CPNS maupun pelantikan PNS dan Pejabat dilakukan di Kantor Bupati Bangka, maupun gedung Sepintu Sedulang dan Gedung Wanita. Menurutnya, apa yang dilakukan ini ada yang spesial bagi para penyuluh pertanian, untuk itu para penyuluh agar terus belajar guna meningkatkan ilmu pengetahun.

“ Terus saja belajar, terus saja mempraktekkan, saya berharap  masing – masing penyuluh pertanian punya kebun paling tidak berkebun didekat rumah,” kata Tarmizi yang pernah menjadi penyuluh pertanian.

Diungkapnya, apa yang diucapkan para penyuluh pertanian harus dipraktekkan , bila ucapan yang tidak sesuai dengan yang dipraktekkan itu namanya munafik, untuk itu para penyuluh agar bisa menjadi contoh.

Ia menjelaskan, tugas sebagai penyuluh adalah tugas berat untuk itu agar dapat menjaga kesehatan diantaranya dengan melakukan kegiatan olahraga .

Kabupaten Bangka akan memiliki setidaknnya  55 orang penyuluh yang saat ini akan melaksanakan tugas belajar maupun sedang mengenyam pendidikan melalui beasiswa dari Pemkab Bangka  di Sekolah Tinggi Perkebunan di Medan berjumlah  22 orang, di Yogyakarta 20  orang dan Magelang ada 10 orang, yang akan membantu melakukan penyuluhan di Kabupaten Bangka

Bupati Bangka Tarmizi Saat menargetkan satu desa di Kabupaten Bangka terdapat dua penyuluh , baik pertanian, peternakan maupun perikanan untuk memwujudkan pertanian yang tangguh.

Dipaparkannya, misi kabupaten Bangka mewujudkan pertanian yang tangguh merupakan proses  untuk menuju kepada produksi pertanian yang bagus, kualitasnya baik dan terjamin, masyarakat merasakan  peningkat perokoniam, serta harga – harga mulai stabil.

“ Jadi pertanian yang tangguh tidak hanya dilihat satu sisi tapi banyak hal, jadi untuk mewujudkannya selama 5 tahun tidak bisa  namun melalui waktu yang panjang baik disektor perkebunan, perikanan mapun peternakan, tanaman pangan, pasca panen dan berkolaborasi  dengan sektor lain seperti sektor lingkungan hidup,  perekonomian, Pekerjaan Umum, juga Keluarga Berencana, “ ungkapnya.

Ditegaskan Bupati agar para penyuluh sedikitnya selama lima tahun tidak boleh pindah tugas, “ jangan coba – coba mengajukan pindah karena ini aturan , setiap bulan akan dimonitor karena ini CPNS berarti dalam masa percobaan sebelum diangkat menjadi PNS,” cetusnya.

Diharapkannya kepada para  penyuluh pertanian agar dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat ,  jaga kekompakan , karena sekarang ini yang butuh dengan rakyat itu adalah pemerintah , untuk itu jangan  menunggu sifatnya.

“ Pegawai  itu harus proaktif, inovatif  dan kreatif dalam menyampaikan kepada masyarakat tentang pertanian,” ujarnya.

Diingatkannya, menjadi CPNS hingga PNS itu sangat berat sekarang ini, untuk itu dapat disyukuri dengan cara menunjukkan disiplin, tepat waktu diantaranya dengan menghidupkan Balai Penyuluh Pertanian yang berada di setiap desa.

Penyerahan SK CPNS bagi penyuluh pertanian  dihadiri Kepala Badan, Kepala Dinas dan Kepala Bagian  di lingkungan Pemkab Bangka. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan