BUPATI BANGKA TEMUI MENTERI DESA PDTT

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Bupati Bangka Tarmizi Saat melakukan pertemuan dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Selasa (24/1) di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Bupati beserta rombongan diterima Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi di ruang kerjanya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandra yang menyertai kunjungan Bupati menjelaskan, kehadiran Bupati Bangka disambut hangat Menteri Desa dan berlangsung penuh keakraban.

Kesempatan itu Bupati Bangka Tarmizi Saat memaparkan kegiatan yang telah dilakukan Pemkab Bangka terkait dengan pembangunan desa diantaranya realisasi penggunaan dana desa, pembanggunan 2 pasar desa melalui anggaran APBD dan 1 pasar desa menggunakan dana APBN yang sudah diresmikan 24 Januari 2017 di desa Sempan.

Selain itu Pemkab Bangka telah memberikan bantuan mobil bagi Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) yang berprestasi, program untuk memajukan pertanian, penggajian Kepala Desa mencapai Rp 4 juta lebih per bulan serta pembanggunan rumah layak huni.

Menurut Boy Yandra menanggapi paparan yang disampaikan Bupati Bangka, Menteri Desa PDTT RI Eko Putro Sandjojo memuji kepemimpinan Bupati Bangka yang sangat bersemangat dalam membanggun kabupaten Bangka.

Terkait dengan Dana Desa (Dandes) yang akan disalurkan oleh Pemerintah Pusat, Menteri Desa berharap agar desa menyampaikan segera membuat embung setiap desa dengan menggunakan dana desa.

Menteri Eko Putro mengharapkan pembanggunan jalan desa sebaiknya dibuat dengan paving block, yang pembangunannya dengan memberikan pekerjaan bagi masyarakat desa dengan swakelola,

Pembentukan Bumdes disetiap desa di kabupaten Bangka sebanyak 30 Bumdes dari 62 desa yang ada, untuk itu menurut Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandara, Menteri Desa akan membantu proses pembuatan Bumdes dengan menggunakan dana pendaping 41% dari pengusaha dan 59% dari BUMN.

“ Nantinya fungsi Bumdes sebagai pendistribusi pupuk, sembako, gas dan lainnya sehingga desa bisa makmur,” ujarnya.

Menteri Desa minta diusulkan kebutuhan pertanian khususnya padi dan jagung di kabupaten Banglka karena nantinya Kementerian Desa akan membantu bibit, pupuk dan traktor.

Dijelaskannya, program tersebut juga sudah diberikan kepada Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo berkeinginan melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Bangka yang direncanakan Juni 2017.

“ Pak Menteri akan ke Kabupaten Bangka degan syarat sudah dilakukan embung setiap desa dan akan mencanangkan Bangka sebagai daerah ke Bhinika tunggal ikaan,” tandas Boy.

Kunjungan Bupati Bangka di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo didampingi kepala Bappeda kabupaten Bangka Pan Budi marwoto, Kepla Inspektorat kbupaten Bangka Darius dan Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandra. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan