Bupati Resmikan Pos Pencegahan Stunting di Desa Riding Panjang

  • Whatsapp
Peresmian Pos Pencegahan Stunting Desa Riding Panjang, Belinyu

BANGKA — Bupati Bangka Mulkan meresmikan posko pencegahan penyakit stunting khusus balita di Kecamatan Belinyu, Jum’at (20/11) pagi, di Kantor Desa Riding Panjang Kecamatan Belinyu.

Posko ini didirikan mengingat di Desa Riding Panjang menjadi perhatian khusus terhadap balita yang menderita penyakit tersebut dan sudah terdata di Kabupaten Bangka.

Perlu diketahui penyakit stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan, atau istilahnya kondisi tubuh si balita dalam keadaan cebol atau kerdil.

Saat ini sejak tahun 2018 di Kecamatan Belinyu sudah terdata puluhan balita yang menderita penyakit tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Mulkan menjelaskan, hal ini sebagai langkah pihak Pemkab Bangka dalam menangani penyakit ini, apalagi saat ini kata dia, kondisi ekonomi masyarakat Bangka khususnya mengalami penurunan.

” Bagaimana kita sama-sama untuk menanggulangi, atau memberantaskan dari pada gizi buruk, terhadap terhambatnya pertumbuhan dari pada anak-anak kita,”

” Apalagi sekarang ini kondisi kita kurang aman, kurang nyaman, terutama pada sebuah hambatan yaitu hambatan perekonomian terhadap masyarakat kita,” Ucap Mulkan dihadapan para hadirin.

Bupati Mulkan juga membeberkan, angka stunting ini sempat tinggi pada tahun 2017, namun mengalami penurunan hingga saat ini.

” Pada tahun 2017 kita berkisar 32,27 persen, cukup tinggi pada tahun 2017. Pada tahun 2018 kita turun, yaitu menjadi 8,9 persen, dan juga pada tahun 2019 kita turun menjadi 5,05 persen, sehingga pada tahun 2020 kita turun lagi menjadi 4,92 persen, berarti baik,” Bebernya.

Untuk itu Bupati Mulkan berharap, angka stunting ini dapat lebih menurun lagi, menurut dia juga, salah satu penyebab stunting adalah pernikahan dini. (Randhu)

Pos terkait