BUPATI TINJAU PABRIK TAPIOKA TERBESAR DI INDONESIA

  • Whatsapp

TAPIOKA_WRTWN1

KABARBANGKA.COM – Puding Besar

Bacaan Lainnya

Bupati Bangka H.Tarmizi H.Saat meninjau pembangunan pabrik tapioka terbesar dan terbagus di Indonesia milik PT Sinar Baturusa Prima (SBP), jumát (19/08) di di Desa Puding Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka.

Dikesempatan ini Bupati Bangka didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian, Wakil Ketua (Waka) 1 DPRD Kabupaten Bangka Rendra Basri, Wakil Ketua (Waka) II KMS.Herman Susilo, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman serta Kabag Umum Setda Bangka Muhamad.

“ Hari ini, kita bersama pimpinan DPRD Kabupaten Bangka melihat langsung pembangunan pabrik tapioka terbesar dan terbagus di Indonesia yang ada di daerah Kabupaten kita (Kabupaten Bangka-red) milik PT Sinar Baturusa Prima (SBP) yang akan selesai bulan maret 2017 nanti,” ungkap Bupati.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, peninjauan langsung pembangunan pabrik tapioka tersebut, merupakan implementasi visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka mewujudkan pertanian yang tangguh, dan bersama DPRD telah mempersiapkan dari awal supaya masyarakat mau melaksanakan diversifikasi.

“ Mau tanam sahang (lada-red) silahkan, mau tanam karet silahkan, mau tanam kelapa sawit silahkan, tetapi ubi casesa ini sebagai bahan baku tepung tapioka lebih cepat panennya, lebih murah biaya perawatan per hektarnya, harga jualnya jelas tentu saja penampungnya juga jelas,” jelasnya.

Ditambahkannya, bercocok tanam ubi casesa sangat menjanjikan, dimana gambarannya jika pabrik tapioka tersebut sudah mulai beroperasi akan membutuhkan 600 hektar per hari bahan baku (ubi casesa-red) ditambah lagi dengan akan selesainya 1 pabrik tepung tapioka lagi di Kelurahan Kenanga Kecamatan Sungailiat yang akan selesai pembangunannnya akhir tahun 2016 ini.Disamping pabrik tapioka yang telah beropasi di Desa Riau Silip.

“ Terkait ubi casesa ini, kita memang terus melakukan pencerahan terus menerus, tidak hanya di Kabupaten Bangka saja, tetapi di Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung ini juga,” ujarnya.

Sementara itu, Jito selaku Kepala Manejer PT Sinar Baturusa Prima (SBP) dalam kesempatan tersebut memaparkan terkait pembangunan pabrik tapioka terbesar dan terbagus di Indonesia milik perusahaanya dihadapan Bupati Bangka, Pimpinan DPRD Kabupaten Bangka serta tamu undangan lainnya.

“ Pabrik yang kita bangun ini merupakan tapioka terbesar dan terbagus di Indonesia, dimana nantinya semua mesin serba digital, kita mencontohnya dari Negara Thailand, kapasitas produksi tepung tapioka pabrik kita per harinya bisa mencapai sebesar 600-700 ton dengan bahan baku juga yang sama per harinya,” ungkapnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, perusahaannya sendiri (PT Sinar Baturusa Prima (SBP))-red) merupakan pengembangan dari perusahaan mereka (PT.SPM-red) yang berada di Propinsi Lampung.

“ Mudah-mudahan, pembangunan pabrik ini bulan maret 2017 bisa selesai, bisa beroperasi, dimana pada bulan maret tersebut kita sudah percobaan,” pungkasnya. (Humas Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan