Buser Polres Basel Berhasil Ringkus Pelaku Pembakar Rumah Susiani

  • Whatsapp

KABARBANGKA. COM—Dalam waktu kurang dari 3×24 Jam, Polres Bangka Selatan berhasil mengamankan pelaku kasus pembakaran rumah milik Korban atas nama  Susiani yang beralamat di  Jl. Sederhana Gang Jati Desa Teladan Kel. Teladan Kec. Toboali Kab. Bangka Selatan, yang terjadi hari Senin 29 Mei 2017 pukul 19.30 Wib.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian materil kurang lebih sebesar Rp. 30.000.000 (Tiga Puluh Juta Rupiah) dengan rincian : 1 (satu) Unit Kasur. 1 (satu) Unit Lemari. 1 (satu) Kursi, Jendela Kamar, atap Rumah dan perabotan kamar lainnya.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Kapolres Bangka Selatan AKBP Bambang Kusnarianto SIK kepada wartawan melalui WhatsAPP, Kamis (1/6/2017).

Selanjutnya Kapolres mengatakan bahwa setelah pihaknya menerima laporan kebakaran, petugas langsung mendatangi TKP dan melakukan Olah TKP setelah pihak Damkar Kab. Bangka Selatan berhasil mematikan nyala api.

Selanjutnya Bambang menjelaskan mengatakan bahwa saat dilakukan olah TKP dalam rangka penyelidikan, didapat keterangan dari para saksi di TKP bahwa tindakan pembakaran tersebut diduga dilakukan oleh 4 (empat) orang yaitu berinisial I,T, J dan O.

” Pelaku yang berhasil pertama ditangkap yaitu berinisial J (16 TH, alamat Jalan dr. Wahidin Parit 8 Kec. Toboali Kab Bangka Selatan), ditangkap hari Rabu 31 Mei 2017 sekira pukul 21.00 Wib di Jalan Jenderal Sudirman Kel. Teladan Kec. Toboali Kab. Bangka Selatan,” ungkapnya.

Selanjutnya Kapolres mengatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaki J bersama-sama pelaku lainnya masuk ke dalam rumah korban yang sedang kosong melalui jendela samping rumah yg telah terbuka, lalu membakar ujung sebatang kayu dan melemparkan apinya ke dispanser di rumah korban, dan pembakaran ini atas inisiatif pelaku utama berinisial I yang merasa sakit hati terhadap korban karena keduanya ada hubungan asmara, namun korban selingkuh dengan pria lain, sehingga membuat pelaku I marah.

Sebelum kejadian, pelaku I sudah mendatangi rumah korban dan sempat terjadi ribut dengan korban namun dilerai oleh kakak ipar korban. Korban juga menerima sms dari pelaku yang menggunakan HP milik pelaku T dan mengancam akan bakar rumah korban.

Kemudian kapolres mengatakan mengatakan bahwa setelah menerima keterangan dari pelaku J, lalu Tim Buser Sat Reskrim Polres Bangka Selatan melakukan pencarian terhadap 3 (tiga) pelaku lainnya yaitu berinisial I, T dan O. Kemudian pada hari Kamis (1/6/2017) sekira pukul 16.00 Wib Tim Buser Polres Bangka Selatan dengan diback up Tim Jatanras Polda Kep. Babel berhasil amankan pelaku inisial O bin Ormain (22 tahun, buruh harian, alamat Jl. Bukit Permai Kec. Toboali Kab. Bangka Selatan) di Toboali Kab. Bangka Selatan.

” hingga saat sekerang ini masih ada 2 (dua) pelaku lainnya yang masih dalam pencarian,” ungkapnya.

Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan berupa 1 (satu) batang kayu yang telah terbakar pada satu ujungnya; Sisa 1 (satu) buah galon dispenser yang terbakar, dan kasur yang terbakar. Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan di Mako Polres Bangka Selatan guna proses penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

 

Penulis : MN Bid Humas Polda Babel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan