CAPAIAN 3 TAHUN MEWUJUDKAN PERTANIAN YANG TANGGUH DI KABUPATEN BANGKA

  • Whatsapp

dsc_2793

KABARBANGKA.COM — Dalam misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2018 pemerintahan Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM dan Wakil Bupati Bangka, Drs. Rustamsyah termaktub dalam poin pertama adalah mewujudkan pertanian yang tangguh.

Bacaan Lainnya

Selama kurang lebih 3 tahun ini, sudah banyak capaian yang dilakukan Pemkab Bangka dalam mewujudkan pertanian yang tangguh dimana sesuai data yang didapat dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka terdapat banyak capaian yang sudah dilakukan yang akan dibeberkan dalam tulisan ini.

Upaya yang dilakukan adalah Membangun dan Merehabilitasi Sarana dan Prasarana, Distribusi dan Pemasaran serta Manajemen Logistik dalam Menjaga Kesinambungan Pasokan Produk dengan, pencetakan sawah seluas 2.200 hektar yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka, Mengembangkan Sentra Usaha Pertanian, Perikanan dan Kehutanan secara Terpadu, Memperbaiki dan Membangun Infrastruktur Lahan dan Air, Memberi Subsidi dan Sarana Produksi yang Efisien dan Tepat Sasaran, Kredit Mikro untuk Pertanian, dan Diversifikasi Pangan.

Adapun capaian selama 3 tahun ini adalah peningkatan luas lahan panen padi sawah sebesar 507% dan luas panen padi ladang sebesar 85,59% pada tahun 2015, peningkatan produksi lada sebesar 13,99% dan produksi kelapa sawit sebesar 3,79% pada tahun 2015, dan peningkatan produksi perikanan tangkap sebesar 3,93% dengan peningkatan nilai produksi 23,80% dan produksi budidaya ikan sebesar 88,65% dengan peningkatan nilai produksi sebesar 504,89%.

Dalam upaya mewujudkan pertanian yang tangguh itu juga sudah didapat penghargaan yakni, penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara yang diraih Ibu Suryani pengerajin Beras Aruk yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Maju Jaya Kemuje dengan kategori pelaku pembangunan ketahanan pangan yang diberikan menteri Pertanian pada bulan Desember 2015.

Masih pada tahun 2015, Kabupaten Bangka melalui warga Dusun Tirus, Kecamatan Riausilip, Sun Kim, meraih Penghargaan ADIBAKTI MINA BAHARI dengan kategori Tokoh Penggerak Nelayan

Teladan dalam upayanya menggerakkan nelayan Dusun Tirus untuk pembesaran Kepiting Bakau.

‘’Upaya untuk mewujudkan pertanian yang tangguh ini akan terus diupayakan yang pada akhirnya akan menjadikan Kabupaten Bangka maju dengan didukung oleh sector pariwisata, industri, dan bidang-bidang lainnya,’’ungkap Kabag Humas, PDE, dan Santel Setda Bangka, Boy Yandra. (Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan