CUACA BURUK, NAHKODA YANG HENDAK BELAYAR HARUS LEBIH HATI-HATI

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Kepala Sub Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan Dan Patroli Pantai KSOP Pangkalbalam, Harlansyah mengatakan, bahwa dengab cuaca buruk yang terjadi beberapa hari ini, diharapkan seluruh Nahkoda yang hendak berlayar agar lebih hati-hati.

Bacaan Lainnya

” Terlebih bagi kapal-kapal yang akan melintasi disekitar perairan Laut Jawa dan Selat Karimata untuk tetap waspada, apalagi dengan musim yang berubah-ubah seperti saat ini, ditakutkan apabila tidak hati-hati menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Harlan kepada wartawan, Selasa (07/02/2017).

Kemudian dirinya menghimbau, seluruh nakhoda memperhatikan berita cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebelum memutuskan memberangkatkan kapal. Sebab, Nakhoda bertanggung jawab atas keputusan tersebut.

” Apabila dalam perjalanan perlayaran kapal yang kapal mengalami berbagai jenis masalah harus berkoordinasi dengan seluruh pihak meskipun hal terkecil, kami akan Stand by memonitor lewat Radio,” ujaranya.

Lanjut Harlan, untuk antisipasi dan proses penyelamatan apabila terjadi musibah berlayar, pihaknya menyiapkan dua unit kapal untuk proses evekauasi dan pencarian.

” Untuk saat ini ada dua kapal yang kami siagakan untuk membantu apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Adapun kapal yang disiagakan antara lain KMP 486 dari KSOP pangkalbalam dan KM Kujang dari Pangkalan KPLP Tanjung Periok,” tutupnya. (3K0)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan