Dalam Waktu Empat Hari, Polsek Sungailiat Berhasil Ungkap Empat Kasus, Lima Tersangka

  • Whatsapp

BANGKA — Polsek Sungailiat berhasil mengungkapkan empat kasus dari empat Laporan Polisi atau LP, dalam sepekan terkahir. Dari keempat kasus atau LP tersebut, penyidik menetapkan lima orang tersangka.

Demikian diungkapkan Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan, didampingi Kabag Ops AKP Teguh, dan Kapolsek Sungailiat IPYU Alvino, saat mengelar konferensi pers di Mapolsek Sungailiat, Selasa (2/6) siang.

Di antara kasus yang berhasil diungkap, yaitu dugaan penganiayaan berat dengan tersangka VR (30) dan Abd (28). Kedua tersangka dijerat pasal 170 ayat (1) KUHP, denan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun 6 bulan.

Kasus selanjutnya yaitu dugaan penganiayaan ringan sebagaimana pasal 351 ayat (2) KUHP, dengan tersangka BN (21). BN terancam hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun.

Kasus dugaan penganiayaan ringan lainnya dengan tersangka Yd (37). Dia juga dijerat pasal 351 ayat (2) KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun.

Kemudian kasus dugaan persetubuhan terhadap anak dibawah umur, dengan tersangka ATI (17). Dia dijerat pasal 81 ayat (1) Jo pasal 76D atau pasal 81 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun.

“Terkait dengan kasus persetubuhan anak dibawah umur ini, dari kemarin sebenarnya sudah dilakukan langkah-langkah mediasi oleh Polsek, terkait pertanggungjawaban dari tersangka senidiri, mungkin diminta untuk mau menikahi korban. Namun dari pihak korban merasa keberatan. Jadi, tersangka diamankan dan diproses lebih lanjut oleh Polsek Sungailiat,” ungkap AKBP Widi Haryawan.

Selain mengamankan lima orang tersangka, penyidik Unit eskrim Polsek Sungailiat juga mengamankan sejumlah barang bukti yang terkait dengan kasus-kasus tersebut, untuk kepentingan proses penyidikan.

AKBP Widi Haryawan menegaskan, keempat kasus dan lima tersangka tersebut berhasil diungkap dalam waktu empat hari saja.

“Ini (diungkap) empat hari, keseluruhan. Ini diamankan dari Polsek Sungailiat dalam waktu seminggu terakhir kemarin,” kata dia.

Dia menegaskan, dari kelima tersangka itu tidak ada yang residivis ataupun Napi Asimilasi. (*)


Reporter : Romlan
Editor : Romlan

Pos terkait