Dengan Bahan Baku Caridea Penyakit Tanaman Lada Disembuhkan

  • Whatsapp
Tanaman Lada Sedang Berbuah. Sumber foto: fb lada babel

KABARBANGKA.COM — Penyakit kuning merupakan faktor yang sangat berperan dalam penurunan kualitas dan kuantitas hasil panen lada.

Karena itu penyakit kuning termasuk salah satu penyakit utama pada tanaman lada.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, ada kabar gembira bagi para petani lada di Provinsi Bangka Belitung pada umumnya, serta Kabupaten Bangka Tengah pada khususnya.

Sila disimak.

Menurut Kepala Dinas Pangan, Pemkab Bangka Tengah, Sajidin, sejak Pemkab Bateng melakukan MoU dengan BATAN, terkait formula untuk menanggulangi penyakit pitosan (penyakit kuning) lada.

Maka kini telah ditemukan, bahan baku tersebut adalah dari cangkang spesies ‘family caridea’ (udang). “Setelah itu kita lakukan penelitian dan pengkajian, dan alhamdulilah ada reaksi positif. Namun formula ini harus dikombinasikan dengan beberapa produk lainnya, yaitu trixoderma , mixroriza dan kompos,” jelasnya, Selasa, 08/08/2017.

Lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa formula tadi adalah untuk memperbaiki unsur hara tanah, sedangkan pitosanya sebagai nutrisi yg disemprotkan melalui daun.

“Alhamdulillah sudah berhasil dengan baik, dan walau ini baru sebatas penelitian dan pengembangan. Kemudian untuk izin dari Kementerian Pertanian, saat ini masih dalam proses,” tutup Sajidin. (LH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan