Dikepung Polisi, Heri – Atman Tak Berkutik

  • Whatsapp

BANGKA — Heri Yusuf (48) dan Atman alias Dedek (29, tak berkutik usai dibekuk Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Bangka dan Tim Opsnal Polres Bangka Barat. Keduanya dicari polisi, lantaran diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHPidana.

Kapolres Bangka melalui Kabag Ops Kompol Faisal Fatsey, dalam rilisnya yang diterima redaksi mengungkapkan, pada hari Rabu tanggal 12 Februari 2020 sekira pukul 03.00 WIB, tersangka Heri Yusuf bersama rekannya diduga mencuri motor Yamaha Mio GT BN 6183 warna merah milik Ahmad, yang saat itu terparkir dengan kondisi stang terkunci. Kejadian pencurian itu terjadi di sebuah pondok bekas TI di Dusun Gedong, Desa Lumut, Kecamatan Belinyu.

Bacaan Lainnya

Tersangka mencuri motor itu dengan cara merusak kunci kontaknya. Korban baru sadar motornya hilang, ketika korban hendak pulang setelah selesai bekerja, melihat motor miliknya sudah tidak ada lagi. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar enam juta rupiah. Korban lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Belinyu, guna pengusutan lebih lanjut.

Kronologi Penangkapan

Pada hari Minggu tanggal 29 Maret 2020 sekira pukul 15.45 Wib Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka dan Kanit Opsnal Polres Bangka Barat, berkordinasi untuk mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan. Petugas mendapat informasi pelaku berada di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Di Lubuk Besar, terduga pelaku ada menawarkan motor Honda CRF warna putih merah kepada warga di sana, diduga motor tersebut hasil dari kejahatan.

Tiba di Lubuk Besar, gabungan Tim Opsnal Polres Bangka bersama dengan Tim Opsnal Polres Bangka Barat langsung melakukan penyelidikan di wilayah tesebut, namun tidak membuahkan hasil, karena pelaku sudah kabur duluan.

Kemudian tim gabungan mendapat informasi, bahwa pelaku lari ke arah Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Tak menunggu lama, tim gabungan tersebut langsung berangkat menuju ke Belinyu.

Tengah malam, tim gabungan itu tiba di Belinyu, melakukan penyelidikan. Tim gabungan mendapat informasi tentang keberadaan terduga pelaku di sebuah rumah kontrakan di Kampung Air Asam, Belinyu. Setelah yakin, tim gabungan langsung melakukan penangkapan.

Pada saat melakukan penangkapan, tersangka mengeluarkan senjata api rakitan. Namun dengan sigapnya, tim gabungan tersebut berhasil mengamankan pelaku Heri Yusuf dan Atman alias Dedek. Tim gabungan lalu melakukan penggeledahan di rumah kontrakan pelaku, dan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga kuat hasil kejahatan.

Kemudian pelaku dibawa ke Polres Bangka untuk dilakukan proses penyidikan. Saat diintrogasi, pelaku mengakui sudah melakukan pencurian di wilayah hukum Polres Bangka, Polres Bangka Barat, Polres Basel, dan Polresta Pangkalpinang.

Dari pengakuan tersangka tersebut, tim gabungan melakukan pengembangan untuk mencari keberadaan barang bukti hasil curian. Saat proses pengembangan itu, kedua pelaku mencoba melarikan diri, sehingga diberikan tindakan tegas terukur.

Laporan Polisi

Berikut ini daftar Laporan Polisi, atas perbuatan kedua pelaku yang diduga mencuri di wilayah hukum Polres Bangka dan Polres Bangka Barat:

– LP / B- 207 / III / TUK.7.2.4 / 2020 / Babel /BABEL / Res Bangka / Sek Belinyu / SPK ,tanggal 30 Maret 2020 (bb sudah ditemukan motor Mio J)

– LP / B- 69 / III / 2020 / Babel / res Bangka / sek Bakam,tanggal 29 Maret 2020 (bb sudah ditemukan motor Honda CRF)

-LP / B – 69 / IV / YAN.24 / 2020 / BABEL / RES BANGKA / SEK RIAU SILIP tgl 01 april 2020 (untuk BB yamaha R-15 masih dalam pencarian).

– LP / B-156 / III / TUK 7.2.4 /2020 / BABEL / RES BANGKA / SEK BELINYU Tkp (BB Motor jupiter MX king Belum ditemukan dan masih dlm pencarian)

– Tkp depan Sekolah YPN Belinyu kec. Belinyu yang di ambil berupa 1(unit) sepeda motor HONDA BEAT Warna hitam (BB Belum di temukan dan msih dalam pencarian)

– LP / B-123/ III / 2020 /BABEL / RES BANGKA / SEK MERAWANG Tgl 13 maret 2020. Tkp kontrakan di balunijuk kec. Merawang yg di ambil 1(satu)unit sepeda motor HONDA CRF 150 CC.( BB Belum ditemukan dan masih dalam pencarian )

– LP / B-231 / VIII / 2019 / BABEL / RES BABAR / SEK KELAPA Tgl 4 agustus 2019 (bb sudah ditemukan motor fino)

– LP / B-65 / III / 2020 / BABEL / RESBASEL. kec. simpang rimba kab. Bangka selatan barang yg di ambil berupa 1(satu) unit sepeda motor jenis ZUZUKI SATRIA FU 150 cc, warna hitam hijau.( Lp Polsek simpang rimba dan BB tersebut masih di polres Bangka)

Barang Bukti

Adapun beberapa barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya:

– 1 (satu) Unit sepeda motor YAMAHA MIO GT warna merah hitam (sudah dirubah stiker menjadi Mio J)

– 1 (satu) Unit sepeda motor jenis HONDA CRF 150 L warna merah Putih

– 1 (satu) Unit sepeda motor HONDA BEAT warna hitam

– 1 (satu) Unit sepeda motor HONDA ABSOLUT REVO Warna Hitam

– 1 (satu) Unit sepeda motor SUZUKI SATRIA F 150 warna hijau hitam

– 1 (satu) Unit sepeda motor Yamaha Fino warna putih.

– 1 (Satu) Buah Senjata Api jenis PISTOL warna hitam beserta magazine dan amunisi 3 butir warna keemasan

– 12 paket bungkus kecil shabu dan 1 paket bungkus sedang shabu seberat 4,9 gram. (dilimpahkan ke Satnarkoba Polres Bangka)

– 6 (enam) buah Handphone berbagai merk (keadaan hidup)

– 13 (tigabelas) buah Handphone berbagai merk ( keadaan mati)

– 1 (satu) buah BPKB motor suzuki Satria FU

– 2 (dua) buah STNK motor a.n gustini dan a.n winda

– 8 (delapan) buah jam tangan berbagai merk.

– 1 (satu) kotak cincin beberapa jumlah cincin.

– 1 (satu) buah gerenda warna merah hitam

– 1 (satu) buah PSP warna merah

– 1 (satu) buah PS 2 warna hitam

– 1 (satu) buah TV warna hitam

– 2 (dua) buah velg motor

– 4 (empat) buah spion motor

– 7 (tujuh) buah dompet berbagai merk

– beberapa peralatan pretelan motor

– 1 (satu) buah parang bergagang warna merah

– 3 (tiga) Buah sepeker warna hitam

Demikian disampaikan Kaba Ops Polres Bangka, Kompol Faisal Fatsey. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan