oleh

Dilarang Gunakan Pukat Harimau Di Area Rumpon

BANGKA — Ratusan Rumpon atau Terumbu Karang Buatan, ditenggelamkan PT Timah Tbk bersama nelayan Desa Rebo dan Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (26/11).

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengungkapkan, setelah penenggelaman ini akan dilakukan monitoring, untuk melihat sejauh mana perkembangan rumpon? Apakah sudah didiami ikan atau belum? Nantinya, monitoring ini akan dilakukan nelayan, dan akan difasilitasi oleh PT Timah.

“Koordinat ini hanya diketahui oleh nelayan yang tergabung dalam program ini, dan mereka juga nantinya yang akan menjaga. Di area penenggelaman Rumpon ini dilarang menggunakan pukat harimau, karena akan merusak,” imbuhnya.

Anggi menambahkan, kedepannya dengan program ini, diharapkan dapat membantu masyarakat nelayan dengan menambah wawasan baru, dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan jika hasil tangkap meningkat.

“Pemberdayaan masyarakat nelayan dengan penenggelaman rumpon ini penting, agar nelayan memiliki kemampuan baru, mereka bisa menjaga dan meningkatkan hasil tangkap mereka, dan ekosistem laut kita juga terjaga,” tutupnya. (Romlan)

News Feed