DUA KALING INI MINTA ALUR KUALO DIBUKA

  • Whatsapp

KABARBANKA.COM — Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Sungailiat, disinyalir akibat buntunya Alur Kuala (Muara) di Jalan Laut, Kalurahan Matras. Buntunya alur muara tersebut, membuat air yang mengalir dari Dam 1 Pemali hingga ke Sinar jaya, tertahan dan menyebabkan banjir.

Bacaan Lainnya

Kaling Bukit Kuala (Budi triono) dan Kaling Jalan Laut (Feriyanto), meminta kepada Pemerintah Daerah agar membuka Alur Muara tersebut, dan membangun Talud atau Bendungan permanen.

“Dengan dibukanya Alur Muara ini, pada rinsipnya untuk memperlancar arus air dari Sinar Jaya, untuk mengatasi banjir. Kalau muara ini sudah dibuka, kemungkinan airnya cepat keluar. Mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Bangka dan Pemerintah Provinsi Babel, bisa membuat Dam di muara ini” harap Feriyanto.

Dijelaskannya, sudah 3 tahun berturut-turut dilanda banjir, air baru surut setelah Alur Kualo ini dibuka mengunakan alat berat.

“Sudah 3 kali dan 3 tahun berturut-turut (Alur Muara dibuka), banjir juga masalahnya, baru surut Sinar Jaya. Di Lingkungan Jalan Laut sudah ada 3 rumah warga yang terendam banjir, tinggi air sudah lewat mata kaki orang dewasa” terangnya.

Kaling Bukit Kuala, Budi Triyono menambahkan, pihaknya sudah beberapa kali mengajukan melalui MUSRENBANG, untuk dibuat Dam kiri kanan. Tujuan utamanya untuk mengatasi banjir di Sinar Jaya dan sekitarnya.

“Kami sudah beberapa kali mengajukan melalui MUSRENBANG, untuk dibuat Dam kiri kanan, tujuan utamanya untuk mengatasi banjir di Sinar Jaya yang datang dari sini. Sudah 3 kali banjir, setiap dibuka muara ini, air di Sinar Jaya itu surut. Jadi kami berdua Kaling Bukit Kuala dan Kaling Jalan Laut, serta masyarakat, sangat mengharapkan kepada Pemkab Bangka maupun Pemprov Babel, untuk dapat membuka muara ini kembali, secara di Dam. Kalau perawatannya (Dam) bisa diarahkan masyarakat. Kalau Dam sudah mulai tertimbun, kita rawat sama-samalah. Tapi terutama muara ini terbuka kembali lah, supaya PC ini idak berulang-ulang turun kesini” kata Budi Triono.

Pantauan wartawan di alur muara, nampak 1 unit alat berat didatangkan untk mengeruk Alur Muara yang buntu oleh pasir laut. Terlihat dilokasi, nampak Sekda Bangka H. Fery Insani, Kabag Humas Setda Bangka Boy Yandra, Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir S.Sos, Kabag Ops Polres Bangka KOMPOL Syarif Sophian, Kasat Shabara AKP Yudha, serta masyarakat sekitar yang sebelumnya telah berupaya membuka Alur Muara tersebut menggunakan cangkul seadanya. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan