Dua Pekan Kabur, Jambret Ini Diringkus Saat Sedang Santai

  • Whatsapp
Tersangka DS bersama barang bukti, saat Press Release di Polsek Gerunggang, Jum'at (20/11) siang.

PANGKALPINANG — Polsek Gerunggang meringkus DS (43), tersangka pelaku jambret di Jalan Kurma Kelurahan Air Kepala Tujuh, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Senin (19/10) lalu.

Kapolres Pangkalpinang melalui Kabag Ops AKP Johan Wahyudi menuturkan, kejadian bermula ketika korban yang merupakan seorang pelajar, warga setempat, sedang dalam perjalanan pulang mengendarai Honda Scoopy. Tiba-tiba ada sepeda motor yang memepet motornya, dan korban pun menghentikan laju motornya.

“Tersangka pelaku langsung mengambil Hp merek OPPO type A71, yang disimpan di box depan atau Dashboars motor Honda Scoopy yang dikendarai korban, kemudian langsung melarikan diri,” ungkap AKP Johan Wahyudi, didampingi Kasubag Humas AKP Agus Widodo dan Kapolsek Gerunggang IPTU Amri, Jum’at (20/11) siang.

Lanjut AKP Johan Wahyudi, tersangka DS diamankan di Jalan Alexander, Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, pada Selasa (10/11), saat sedang duduk santai di pinggir jalan.

“Dari keterangan tersangka, sudah dua kali melakukan kejahatan serupa (jambret), tapi kejadian yang satunya lagi tidak dilaporkan. Menurut informasi, kejadian yang tidak dilaporkan itu di wilayah Polsek Tamansari,” imbuhnya.

Masih kata AKP Johan Wahyudi, tersangka DS belum bisa dikatakan residivis, meski sudah berulang kali melakukan kejahatan serupa.

“Kalau dikatakan residivis belum, karena kan kejadian lainnya tidak dilaporkan, dan dia belum pernah dihukum,” jelasnya.

Sementara tersangka DS, mengakui telah mengambil paksa Hp milik korban. Dia juga mengaku sudah dua kali melakukan perbuatan serupa.

“Iya pak, dengan ini sudah dua kali,” kata dia.

Tersangka DS menyangkal telah menandai korban sebelum melakukan aksinya. Menurutnya, keinginan mengambil Hp korban itu spontan muncul, setelah motor korban melewatinya, dan melihat ada Hp di Dashboard motor korban.

“Tidak diincar, spontan saja. Pas dia nyalib, saya lihat ada Hp di box motornya, kemudian saya pepet, saya ambil Hp-nya, terus saya kabur,” akunya.

Tersangka DS diamankan di Rutan Polsek Gerunggang, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia dijerat Pasal 363 Subsidair Pasal 362 KUHPidana.

Penyidik Unit Reskrim Polsek Gerunggang juga mengamankan barang bukti berupa motor Honda Scoopy warna merah maroon tanpa Nopol, dan Hp OPPO A71 warna Gold beserta kotaknya. Hp tersebut sempat digadaikan tersangka, sebelum diamankan polisi. (Romlan)

Pos terkait