oleh

Dua Tahun, PT Timah Bangun 24 Rumah Layak Huni

BANGKA SELATAN — Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir PT Timah telah membangun sebanyak 24 unit rumah layak huni bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan,terutama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau dan Jakarta.

Pembangunan rumah layak huni melalui program CSR PT Timah Tbk, yang terbagi dalam bidang Bina Lingkungan sebanyak 19 unit rumah, dan pada Bidang Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat sebanyak lima unit.

Bantuan rumah layak huni ini tersebar di Kota Pangkalpinang sebanyak tiga unit, Kabupaten Bangka Selatan empat unit, Kabupaten Belitung dua unit, di Kabupaten Bangka lima unit, Kabupaten Bangka Tengah tiga unit, Kabupaten Bangka Barat enam unit, dan Kabupaten Belitung Timur dua unit. 

Anggi menambahkan, dalam membantu program rumah layak huni, PT Timah Tbk biasanya bekerja sama dengan Pemerintah Desa setempat, agar bantuan ini tepat sasaran.

“Kita membangun rumah layak huni ini untuk warga yang tidak mampu, namun memiliki lahan sendiri. Biasanya ini bisa diusulkan dari Pemerintah Desa, atau kita yang melihat langsung ada warga yang betul-betul membutuhkan,” kata Anggi, Rabu (25/11).

Ia berharap, dengan adanya bantuan rumah layak huni dari PT Timah Tbk, akan mempercepat pengentasan rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni yang sehat.

Sebelumnya, Kabid Bina Lingkungan PT Timah Tbk, Ridwan, secara simbolis rumah layak huni kepada Sumartini, warga Desa Bangka Kota, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (25/11).

Bantuan Rumah Layak Huni kepada Sumartini ini, merupakan bantuan CSR PT Timah Tbk. Bantuan rumah layak huni ini diberikan, untuk mewujudkan harapan masyarakat untuk memiliki rumah yang layak.

Sebelumnya, Sumartini menempati rumah yang hampir roboh. Rumah yang kurang layak itu kemudian direnovasi oleh PT Timah Tbk.

PT Timah Tbk sendiri terus berkomitmen membantu masyarakat kurang mampu melalui Program CSR Rumah Layak Huni, bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengungkapkan, pembangunan rumah layak huni adalah program rutin yang terus dilakukan PT Timah. Melalui program ini, diharapkan masyarakat dapat terbantu dengan rumah yang layak dan sehat.

“Rumah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat, kami berupaya membantu RTLH atau yang kami sebut dengan rumah sehat yang dibangun lengkap dengan sanitasinya. Rumah adalah keutamaan untuk membentuk sumber daya manusia, kesehatan keluarga dan pendidikan sehingga sudah seharusnya berkategori sehat,” ungkap Anggi.

Pembangunan rumah layak huni yang dilakukan perusahaan ini, sebagai bentuk sinergi PT Timah dengan pemerintah dan stakeholder, untuk mempercepat pengentasan permasalahan rumah tidak layak huni.

Selain itu, melalui program rumah layak huni ini PT Timah Tbk terus menunjukkan kontribusinya bagi masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan. 

Lebih lanjut, Anggi menyampaikan, dalam pembangunan rumah layak huni ini, PT Timah Tbk melibatkan masyarakat sekitar. Sehingga, tidak hanya membantu warga yang rumahnya di renovasi, tapi juga memberikan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

“PT Timah bersinergi  dengan pemerintah dan stakeholder, untuk mempercepat pengentasan rumah tidak layak huni, dan komitmen perusahaan untuk berkontribusi di wilayah operasional melalui program-program bantuan sosial dan pemberdayaan masyarakat,” kata Anggi. (Romlan)

News Feed