DUKUNG PROGRAM KEK PARIWISATA, KOMPED BABEL BAGIKAN TEMPAT SAMPAH

  • Whatsapp

img_20161030_124042 img_20161030_132133

KABARBANGKA.COM — Masih dalam rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88 Tahun 2016, Komunitas Peduli Bangka Belitung (KOMPED BABEL) membagikan sekitar 40 buah tong / tempat sampah dibeberapa lokasi Objek Wisata Pantai diseputaran wilayah Kecamatan Sungailiat, yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Pembagian Tempat Sampah bantuan dari PT Timash (Persero) Tbk tersebut, dilakukan disejumlah lokasi objek wisata pantai, sebagai bentuk dukungan terhadap program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, yang dicanangkan oleh Pemkab Bangka.

Dalam rilis resmi yang diterima Tim Redaksi media ini, KOMPED BABEL menganggap ‘Sampah’ masih jadi persoalan besar disekitar kita, terutama di tempat–tempat objek wisata. Tak hanya masalah pengelolaan ataupun penanganan sampah, tapi juga masalah perilaku masyarakat yang masih saja membuang sampah sembarangan dan kurang memperdulikan kebersihan sekitar, dipandang perlu untuk dilakukan suatu kegiatan yang bisa menyadarkan masyarakat.

“Kami yakin dengan kerja sama, kesadaran dan kepedulian dari semua pihak, maka bukanlah sesuatu hal yang mustahil untuk mewujudkan tempat wisata yang bersih dan nyaman untuk dikunjungi,” ungkap Danians, salah satu pengurus Komunitas Peduli Babel.

Dia menjelaskan, gerakan ini lahir dari kepedulian sekolompok anak muda yang prihatin dengan persoalan sampah disekitar tempat wisata, yang tak kunjung teratasi. Masih kurangnya tempat sampah yang tersedia, masih minimya sarana sosialisasi dan himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya, serta masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan, dinilai menjadi penyebab utama kondisi ‘DARURAT SAMPAH’ disejumlah objek wisata yang ada.

“Hal ini menjadi salah satu bukti, bahwa kita tengah menghadapi kondisi ‘Darurat Sampah’ yang harus diselesaikan bersama. Kan, gak lucu? Punya Program KEK Pariwisayta, tapi di Zona yang dicanangkan sebagai Kawasan KEK banyak sampahnya. Tempat Sampah dan Sarana untuk mengimbau agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya, juga masih sangat kurang” katanya.

Secara simbolis pembagian tempat sampah dibagikan disekitaran Pantai Rebo, dan diterima oleh ibu Nuryani (Kadus Rebo), yang mewakili Kades Rebo, Fendi SH.

Selain dikawasan Pantai Rebo, tempat sampah ini juga dibagikan di kawasan Pantai Matras, dan langsung diserah-terimakan oleh masyarakat yang mengelola pantai.

Pembagian Tempat Sampah juga ada yang dilaksanakan di Objek Wisata Pantai Pasir Kuning, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, yang rencananya akan dilaksanakan serentak dengan penanaman pohon Mangrove.

“Sampah adalah tanggung jawab kita semua. Marilah kita sama-sama menjaga dan peduli, untuk membumikan budaya Cinta Kebersihan. Untuk pengadaan tempat sampah itu sendiri kami mendapatkan bantuan dari PT. Timah (Persero) Tbk. Kalau dibilang cukup ya.. gak cukup… ya… besar dan kecil dana yang diterima merupakan sesuatu yang tetap harus disyukuri, dan digunakan untuk kepentingan umum. Tergantung kita yang menggunakannya, amanah apa enggak ???” terangnya. (Danians/ KOMPED BABEL)

img_20161030_121712 img_20161030_161014

Pos terkait

Tinggalkan Balasan