Fordas Menilai Banjir di Babel Dampak Dari Penambangan

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai (Fordas) Kabupaten Bangka menyelenggarakan Musyawarah Daerah untuk memilih ketua yang baru masa kepengurusan 2017 – 2022. Pemilihan ketua yang baru setelah ketua sebelumnya Jauhari, mendapat tugas sebagai pengurus Fordas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sesuai aturan dalam kepengurusan tidak diperbolehkan menduduki jabatan rangkap.

Bacaan Lainnya

Musyawarah Fordas kabupaten Bangka dibuka Selasa (22/8) oleh Bupati Bangka, diwakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman di ruang Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Menurut Jauhari, sudah ada lima kandidat ketua yang bakal menggantikan posisi dirinya, yang diharapkan nantinya dapat membawa Fordas akan lebih baik lagi.

Ia menjelaskan, Fordas tidak hanya berkonsentrasi kepada aliran sungai semata, namun banyak hal lainnya termasuk permasalahan lingkungan, khususnya dalam menangani permasalah banjir yang terjadi di Kabupaten Bangka pada tahun 2014, 2015 dan 2016.

Dikatakannya, permasalahan lingkungan harus menjadi perhatian semua pihak tidak hanya satu instansi saja, namun instansi terkait untuk bersama – sama menangani permasalahan aliran sungai yang memiliki hubungan yang kuat dan berampak kepada permasalahan kerusakan lingkungan dan banjir.

Sementara itu Ketua Fordas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fadilah Sobri mengatakan, Fordas merupakan organisasi independen yang tidak digaji, sebagai tempat diskusi dan komunikasi terkait dengan aliran sungai dan lingkungan.

Diungkapkannya, permasalahan lingkungn di Bangka Belitung sudah memprihatinkan salah – satunya menyebabkan terjadi banjir yang cukup besar sehingga menjadi pemberitaan media massa nasional di Belitung Timur.

“ Banjir di Belitung Timur ini diantaranya disebabkan karena kerusakan alam akibat penambangan timah, memang di laut Belitung Timur tidak ada aktifitas penambangan, namun di darat kegiatan penambangan sangat luar biasa maraknya,” ungkap Fadilah.

Fordas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus memperkuat organisasi di tingkat Kabupaten Kota, dijelaskannya diantaranya melakukan pebenahan organisasi bila kepengurusan tidak aktif akan langsung melakukan pergantian Ketua dan kepengurusan diantaranya yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini yakni menggantikan Ketua Fordas kabupaten Bangka Barat.

Kesempatan itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman, yang mewakili Bupati Bangka mengatakan fordas merupakan forum urun rembuk yang diharapkan dapat menjadi mitra Pemkab Bangka, khususnya dalam menangani permasalahan daerah aliran sungai dan lingkungan.

Diharapkannya musyawarah Daerah Fordas Kabupaten Bangka, dapat memilih ketua dan menyusun program kerja yang dapat menjalankan tugas sesuai dengan tujuan organisasi serta bersama – sama Pemkab Bangka dapat menangani permasalahan daerah aliran Sungai dan lingkungan.

Pembukaan musyawarah daerah Fordas dihadiri utusan OPD dilingkungan Pemkab Bangka, Kepolisian dan TNI. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan