GERAKAN MENANAM CABE DI KALANGAN PELAJAR

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — SMPN 2 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan terus berupaya untuk berinovasi, salah satunya adalah mengadakan kegiatan Gerakkan Menanam Cabe Di Kalangan Pelajar, TP PKK dan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa (11/4/2017) di Kebun Sekolah SMPN 2 Tukak Sadai.

Bacaan Lainnya

Kepala Sekolah sekaligus inisiator kegiatan Asril menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik bagaimana cara bertanam Cabe. Mulai dari proses pembibitan, penyiraman, pemupukan, perawatan sampai pada masa panen nantinya. Selain itu juga kegiatan dapat memberikan pembekalan kepada mereka setelah mereka lulus dari sini dan bisa mengembangkan semangat kewirausahaan atau entrepreneurship. Mereka para peserta didik punya ilmu lebih diluar kegiatan belajar mengajar atau kegiatan akedemik yang mereka terima tiap hari dikelas.

“Gerakan tanam Cabe ini juga dilaksanakan ini untuk mengimplementasikan kurikulum sekolah, pada mata pelajaran muatan lokal yang berbasis kearifan lokal atau potensi daerah khususnya disektor pertanian pungkas Asril. Peserta didik yg tergabung dalam Taruna Tani ‘Tunas Mandiri’ yg terdiri dari 18 orang, diharapkan mampu menjadi contoh bagi teman-teman pelajar lainnya, khususnya di SMPN 2 Tukak Sadai dan kalangan pelajar Bangka Selatan umumnya” papar Asril.

Adapun lahan yang digunakan adalah lahan milik sekolah yang berukuran kurang lebih 2 petak atau setengah hektar, Cabe yg ditanam saat ini sebanyak 1.700 batang.

Hal senada juga diungkapkan oleh pembina Mata Pelajaran Muatan Lokal, Murizal. Menurutnya, sekolah masih memiliki lahan yang masih kosong, sayang kalau tidak diberdayakan.

Maka dari itu kami berinisiatif untuk menggunakannya sebagai lahan penanaman cabe dan jenis sayur-sayuran lainnya. Kami juga menjalin kerja sama dengan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan dan Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Tukak Sadai” terang Murizal.

Penanaman cabe perdana dilaksanakan secara serempak oleh Ketua TP PKK Bangka Selatan, Kepala SMPN 2 Tukak Sadai, Kepala BPTP Kepulauan Bangka Belitung, Ketua Bhayangkari Bangka Selatan, Asisten II Setda Bangka Selatan, pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Toboali, Camat Tukak Sadai, Ketua TP PKK se- Kecamatan Tukak Sadai, dan para Kepala Desa se- Kecamatan Tukak Sadai.

Pada hari ini juga dilangsungkan peresmian Kebun Sekolah yang diberi nama ‘Kebun Kite’, oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Selatan, Ekawati Justiar Noer, ditandai dengan pemotongan pita.

Dalam sambutannya beliau mengharapkan semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan membawa keberkahan bagi sekolah dan masyarakat sekitar. Dalam hal penanggulangan sampah disekolah beliau sangat mengharapkan agar ada pemisahan antara sampah organik & non organik.

“Pilah sampah yang bisa didaur ulang dan bisa dijadikan sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis, insya Allah jadi berkah buat sekolah ini, apalagi SMPN 2 Tukak Sadai menjadi pemenang lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2016. Teruslah berkarya pelajar SMPN 2 Tukak Sadai, jangan pernah berhenti berinovasi, jadilah anak yg bisa membanggakan orang tua dan berguna untuk masyarakat sekitar” kata Ekawati Justian Noer, memberi semangat kepada pelajar SMPN 2 Tukak Sadai.

Sementara itu kepala BPTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wahyu Wibawa menuturkan, kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lainnya. Karena biasanya penanaman cabe dilakukan oleh ibu-ibu PKK, tapi kali ini dilakukan oleh pelajar.

“Ini bisa dikatakan sebagai pelopor gerakan penanaman cabe dikalangan pelajar di Kabupaten Bangka Selatan. Semga saja kegiatan serupa bisa dilaksanakan oleh sekolah lainnya. Cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yg bisa berpengaruh terhadap inflasi” kata Wahyu Wibowo. (Chandra/SMPN 2 Tukak Sadai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan