Gubernur Babel Hadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-71

  • Whatsapp

_dsc5544-e1 _dsc5576-e1

KABARBANGKA.COM — Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-71 yang di gelar di lapangan upacara Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung di Air Itam Pangkalpinang Rabu (05/10/16) berlangsung khidmat dengan inspektur upacara Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Babel Kolonel Laut (P) Teguh Gunawan, S.E, M.M.

Bacaan Lainnya

Sejumlah undangan hadir diantaranya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H. Rustam Efendi, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr. Yan Megawandi, S.H., M.Si, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan undangan penting lainnya termasuk veteran pejuang kemerdekaan.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danlanal Babel Teguh Gunawan mengatakan, penyelenggaran HUT TNI merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI yang telah dan sedang dilaksanakan khususnya pada tahun anggaran 2016 dengan tema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.”

Makna yang terkandung di dalam tema tersebut, kata Panglima TNI, adalah bahwa TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat sehingga menjadi esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis.

“Kekuatan TNI yang bersandar pada rakyat adalah bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta dalam membela Negara dimana kedekatan dan kebersamaan TNI dengan rakyat merupakan inti dan pusat kekuatan dari sistem pertahanan semesta yang kita anut,” kutip Danlanal Babel Teguh Gunawan.

Panglima TNI mengingatkan pembangunan kekuatan TNI harus terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesenimbungan pembangunan pada tahap sebelumnya guna menuju pencapaian pembangunan.

“Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan pada modernisasi alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana dan prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran,” kata Danlanal Babel Teguh Gunawan masih mengutip sambutan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI berpesan prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari publik harus senantiasa dipertahankan bahkan perlu ditingkatkan di masa mendatang.

Di kesempatan upacara tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan kepada prajurit TNI di seluruh Indonesia termasuk yang bertugas di Bangka Belitung yang telah mendarmabaktikan diri serta menunjukan kesetiaan kepada bangsa dan negara.

Tanda kehormatan tersebut secara simbolis disematkan Danlanal Babel Teguh Gunawan kepada empat prajurit TNI yakni Kapten Inf. Istiyasari bertugas di Kodim 0413 Bangka yang menerima tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Nakarya yakni penghargaan atas darma baktinya sebagai anggota TNI Angkatan Darat yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI AD tanpa merugikan tugas pokonya.

Sementara itu, Serma Zulkifli bertugas di Koramil 07 Bangka menerima tanda kehormatan Satyalancana Kesetiaan XXIV Tahun, Koptu Bah Maryanto anggota Lanal Babel menerima tanda kehormatan Satyalancana Kesetiaan XVI Tahun dan Serka Tono bertugas di Lanud HAS. Hanandjoeddin Belitung menerima tanda kehormatan Satyalancana Kesetiaan VIII Tahun.

Rangkaian upacara ditutup dengan unjuk kebolehan anggota Persatuan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia (Porgasi) Babel dan penampilan siswa-siswa SMK Negeri 4 yang mementaskan drama kolosal Pahlawan 12. (14L/humasPRO BABEL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan