Harga Sembako Di Riau Silip dan Belinyu Stabil Jelang Lebaran

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Harga barang kebutuhan pokok di Kecamatan Riau Silip dan Kecamatan Belinyu masih stabil, tidak terjadi lonjakan harga.

Bacaan Lainnya

Bahkan sejumlah komoditi barang kebutuhan pokok terjadi penurunan harga.

Hasil pemantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah ( TPID ) Kabupaten Bangka, Selasa (13/6) di Riau Silip dan Belinyu barang kebutuhan yang mengalami penurunan harga sebelum memasuki bulan puasa dan sudah mendekati Idul Fitri saat ini telur ayam Rp. 1.300 per butir, sebelumnya Rp 1.400 per butir, Bawang putih Rp 34 ribu per kg, sebelumnya Rp 50 ribu per kg, Bawang Merah Rp.30 ribu per kg, sebelumnya Rp.35 ribu per kg dan gula pasir Rp. 12 ribu per kg sebelumnya Rp 13 ribu per kg.

Kasubag Perekonomian pada Bagian Administrasi Perekonomian dan ESDM Setda Bangka Sirajudin menjelaskan, komoditi yang mengalami penurunan harga meliputi telur ayam, bawang putih, bawang merah dan gula pasir, terjadi baik di Riau Silip maupun kecamatan Belinyu.

Namun untuk barang kebutuhan pokok lainnya harga cukup stabil seperti beras harga antara Riau Silip dan Belinyu, selesih Rp 1000 lebih murah di Riau Silip.

Untuk di Belinyu beras RM 15 kg Rp 160 ribu, RM 10 kg Rp 116 ribu, beras 118 10 kg Rp 58 ribu.

Untuk ketersediaan barang kebutuhan pokok, sejumlah pedagang barang kebutuhan pokok di desa Silip, Simpang Lumut dan pasar Belinyu menyatakan persediaan barang kebutuhan pokok cukup tersedia, serta pengiriman dari distributor di Pangkalpinang cukup lancar.

Pedagang barang kebutuhan pokok di desa Silip Henky mengatakan, harga barang kebutuhan pokok sebelum dan setelah memasuki bulan puasa stabil tidak terjadi kenaikan harga.

“ Kalau tahun lalu kondisi harga naik saat memasuki puasa dan menjelang Idul Fitri sangat parah, namun tahun ini harga stabil bahkan terjadi penurunan harga,” ujar Hengky.

Hal senada juga disampaikan pedagang barang kebutuhan pokok di pasar Belinyu Atet, dikatakanya barang kebutuhan pokok cukup tersedia, sehingga tidak perlu dikhawatirkan terjadinya kelangkaan maupun lonjakan harga.

Demikian pula dengan harga sayur – sayuran juga tetap stabil, untuk Cabe besar Rp 30 ribu/kg dan cabe kecil Rp 50 ribu per kg serta daging sapi di pasar Belinyu Rp 120 ribu per kg dan daging ayam antara Rp 35 ribu dan Rp 38 ribu per kg.

TPID Kabupaten Bangka dalam pemantauan harga barang kebutuhan pokok memasuki puasa dan menjelang Idul Fitri juga menyampaikan sosialisasi kepada para pedagang agar tidak melakukan penimbunan barang.

“ Bila memiliki gudang penyimpanan barang, agar membuat izin tanda daftar gudang agar tidak menyalahi aturan,” ujar Sirajudi, Kasubag Perekonomian kepada para pedagang.

Pemantauan harga barang dan ketersediaan barang kebutuhan pokok dilakukan TPID Kabupaten Bangka merupakan gabungan OPD terkait yang dikoordinir Bagian Perekonomian dan ESDM Setda Bangka akan dilakukan beberapa hari kedepan yang mencakup 8 kecamatan di kabupaten Bangka. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan