INI ANTISIPASI PEMKAB BATENG ATAS ANJLOKNYA HARGA KARET

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM —Untuk mengantipasi anjloknya harga karet di tingkat petani, Pemkab Bangka Tengah akan melakukan pendampingan pada para petani untuk lakukan perbaikan kualitas atau mutu bahan olahan.

Bacaan Lainnya

“Karena salah satu penyebab turunnya harga, adalah faktor berlimpahnya pasokan di tingkat petani, dengan adanya pendampingan dari tim maka secara otomatis mutu akan terjaga, sehingga posisi tawar petani akan membaik,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Stevanus Widodo, Selasa (25/04/17) lewat sambungan telepon.

Menurut Widodo, selain dari adanya pendampingan dari Tim, juga ada beberapa upaya lain yang dilakukan, diantaranya adalah melakukan peremajaan atau mengganti bibit tanaman dengan varietas yg unggul.

“Jadi, tanaman karet rakyat yang ada sekarang, kebanyakan varietas yang bukan unggul, sehingga bisa menyebabkan produksi dan produktifitas petani jadi rendah, katanya.

Lebih lanjut lagi, Widodo menambahkan bahwa dirinya juga mendorong petani untuk dapat melakukan usaha-usaha sampingan lainnya. Mengingat fluktuatifnya harga komoditas karet yang kadang tidak menentu.

“Bentuknya bisa dengan menanam komoditi lainnya seperti jenis hortikultura, sehingga bisa ada pemasukan lain disaat harga karet rendah,” tutup Widodo.(LH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan