Ini Saran Gubernur Untuk Nelayan

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM, BANGKA — Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, menyarankan agar nelayan menyurati pihak PT Timah, terkait dengan operasional Kapal Isap Produksi (KIP) GELASA di depan muara Air Kantung Sungailiat.

Bacaan Lainnya

Nelayan sekitar melalui Ketua DPD HNSI Kabupaten Bangka, Ridwan S.PKP, mengkhawatirkan terjadi pendangkalan alur muara Air Kantung, yang selama ini menjadi satu – satunya jalur pelayaran nelayan.

“Sebaiknya langsung ke PT Timah ok, tapi kami coba bantu membelkan (menghubungi) PT Timah. Cuma akan lebih cepat nelayan juga melayangkan surat,” saran Gubernur, saat dimintai tanggapannya terkait keluhan dan kekhawatiran masyarakat nelayan, Minggu (17/06/2018) petang.

Sebelumnya, Ketua DPD HNSI Kabupaten Bangka Ridwan S.PKP, meminta kepada pemilik KIP GELASA, agar bergeser dari lokasi operasionalnya saat ini. Bukan tanpa alasan, permintaan itu disampaikan Ridwan, lantaran KIP GELASA yang beroperasi terlalu dekat dengan garis pantai dan alur muara tersebut.

“Untuk pemilik kapal GELASA, untuk segera bergeser dari alur pelayaran nelayan, yang (beroperasi) sangat begitu dekat dengan muara pelabuhan perikanan,” kata Ridwan, Minggu (17/06/2018) petang.

Menurut Ridwan, pihaknya sudah menerima keluhan dari nelayan yang khawatir alur muara kembali dangkal, akibat limbah tailing dari operasional KIP GELASA tersebut. Dan saat ini memang sudah terjadi pendangkalan di alur muara yang menjadi alur pelayaran nelayan.

“KIP GELASA itu sudah menggangu alur pelayaran. Sudah ada nelayan yang ngeluh, sudah ada pendangkalan disitu (muara). Jangan buat masalah lagi bilang yang punya kapal itu,” kata Ridwan.

Pantauan kabarbangka.com di alur muara Air Kantung Sungailiat, Minggu siang, nampak KIP GELASA memang sedang beroperasi cukup dekat dari muara. KIP tersebut nampak berputar – putar dan asap hitam mengepul, menandakan kapal itu sedang beraktifitas menambang timah.

Sumber media ini menyebutkan, KIP GELASA diduga menambang timah diluar titik koordinat atau Rencana Kerja (RK) yang ditunjuk oleh PT Timah Tbk.

Terkait informasi tersebut, redaksi kabarbangka.com sudah mengupayakan konfirmasi kepada PT Timah Tbk dan pihak terkait lainnya. Namun hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh tanggapan dan komentarnya.

Sementara informasi terbaru yang diterima redaksi media ini, akan ada pergerakan massa apabila besok, Senin (18/06/2018) KIP GELASA tidak segera bergeser dari lokasi operasionalnya saat ini. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan