Kanwil Babel Ikutu Upacara HDKD 2020 Oleh Menkumham Se Indonesia

  • Whatsapp

PANGKALPINANG — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Mengikuti Upacara Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020 secara Virtual melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang dilaksanakan secara serempak oleh Kementerian Hukum dan HAM RI Pusat maupun di wilayah Seluruh Indonesia dengan tema “Layanan Publik Digital Kemenkumham, Menuju Indonesia Maju”. Kegiatan dihadiri Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri, Penasehat Menteri di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI. Yang bertempat di Lobby Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM.

Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2020 diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Anas Saeful Anwar, Kepala Divisi Administrasi Itun Wardatul Hamro, Kepala Divisi Pemasyarakatan Yudi Suseno, Kepala Divisi Keimigrasian Subki Miuldi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Dulyono bertempat di Ruang Rapat Lantai II. Sedangkan Untuk Pejabat Pengawas dan Administrasi serta JFU dan JFT di tempat ruangan masing-masing, dengan tetap mematuhi peraturan protokol kesehatan.

Upacara diawali dengan laporan sejarah lahirnya bangsa Indonesia dan Kementerian Hukum dan HAM R.I. yang dibawakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Menteri Hukum dan HAM R.I Yasonna H. Laoly. Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasona H Laoly menyampaikan Saat ini Kementerian Hukum dan HAM ingin melakukan lompatan yang lebih besar agar seluruh pelayanan publik di Kementerian Hukum dan HAM berjalan secara digital, sehingga pelayanan akan semakin cepat, mudah, dan transparan. Sejalan dengan adanya revolusi digital layanan Kementerian Hukum dan HAM, hari ini Saya me-Launching Aplikasi e-visa dan Aplikasi SIP- Kumham (Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM).

Aplikasi ini adalah bagian dari inovasi dibidang Keimigrasian dan dibidang Hak Asasi Manusia. Saya berharap, hal ini akan dilanjutkan dengan proses digitalisasi seluruh administrasi pelayanan publik Kementerian Hukum dan HAM. Semoga aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Penerapan layanan visa elektronik ini diharapkan dapat membawa pesan positif pada dunia luar, bahwa Indonesia telah melakukan reformasi birokrasi dan siap menjadi tujuan investasi. Hal ini tentu saja sejalan dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi melalui akselerasi investasi atau penanaman modal asing yang akan meciptakan lapangan kerja baru dan juga akselerasi dalam bidang kunjungan wisatawan asing ketika saatnya nanti pandemi sudah berakhir.

Selain itu, juga di-launching aplikasi SIP-Kumham. Aplikasi ini merupakan database permasalahan hukum dan HAM pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence yang memadukan teknologi Crawling dan Machine Learning dari kurang lebih 80 Media online dan media sosial Twitter dari Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM sehingga menghasilkan data yang komprehensif dan realtime. Dengan aplikasi ini, Kementerian Hukum dan HAM akan memberikan akses database bagi pemangku kepentingan yang mengemban tugas fungsi di bidang hukum dan HAM seperti Komnas HAM, Komnas Perempuan, Biro Hukum Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah, Perguruan Tinggi, serta pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita, pada peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2020 ini, Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah konferensi Ilmiah Internasional hukum dan HAM bertema “Reimagining the Vision on Law and Human Rights.” Kegiatan ini dalam upaya menampung ide dan gagasan secara ilmiah dalam rangka me-manage dan menarasikan relasi antara pemerintah dan masyarakat dalam masa pandemi dan revolusi industri 4.0 terutama dalam kerangka penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia.

Kegiatan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng HDKD Tahun 2020 oleh kakanwil Anas Saeful Anwar yang diberikan kepada para Kepala Divisi. (Randhu/Humas Kemenkumham Babel)

Pos terkait