Kapal Besar Akan Singgahi Pelabuhan Belinyu

  • Whatsapp

BANGKA — Kapal Cruiser yang berbendera internasional, rencananya akan singgah dan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu, pada 2021 mendatang.

Untuk persiapan, sejumlah pejabat berwenang Pemprov Babel melakukan survey dan pengecekan kelayakan infrastruktur Pelabuhan Tanjung Gudang, sebelum disinggahi kapal besar tersebut.

Dikonfirmasi via sambungan ponselnya, Rabu (24/6) malam, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, membenarkan Lanal Babel mendampingi pejabat Pemprov Babel saat survey kondisi Pelabuhan Tanjung Gudang oleh pejabat terkait.

Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo juga mengungkapkan, kapal Cruiser yang akan masuk Pelabuhan Tanjung Gudang tergolong kapal besar, yang panjangnya mencapai 230 meter.

“Kapal Cruiser itu besar, panjangnya sampai 230 meter, tapi masih 2021 sih (masuknya) tahun depan,” jelasnya.

Menurut Danlanal, Pelabuhan Belinyu perlu dilakukan pengerukan serta perlengkapan infrastruktur yang ada di Dermaga, seperti lampu-lampu dan buih-buih yang sudah mati, serta perlunya mengatasi kedangkangkalan alur masuk pelabuhan.

“(Perlu dilakukan) pengerukan dan pengamanan, perlengkapan-perlengkapan infrastruktur yang ada di Dermaga serta alur pelabuhan, yang lampu-lampu mati, buih-buih mati, (mengatasi) kedangkalan,” bebernya.

Masih kata Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, dari Lanal Babel diwakili Pasintel, Mayor Undang, yang mendampingi pejabat Pemprov Babel saat survey tadi.

“Dari Lanal Pasintel yang dampingi,” demikian Danlanal.

Informasi yang diterima redaksi, kegiatan pengecekan alur Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu, Rabu (24/6) mengunakan kapal KPLP KN.P.486 dalam rangka rencana (persiapan) kedatangan kapal pesiar Cruise berbendera Internasional yang direncanakan akan sandar di dermaga tersebut.

Dari Pemprov Babel dihadiri Kepala Dinas Perhubungan, Bappeda, dan Kepala Dinas Pariwisata.

Turut mendampingi di antaranya Pasintel Lanal Babel, KSOP Pangkal Balam, Wakil Kepala Unit Laut Bangka PT Timah Tbk, Kepala Syahbandar Belinyu, dan pengusaha asal Belinyu Afuk. (*)


Reporter : Romlan || Editor : Romlan

Pos terkait