Kelompok Konservasi Biota Laut Besampan Lakukan Transplantasi Terumbu Karang

  • Whatsapp

BANGKA TENGAH — Komunitas pencinta laut yang tergabung dalam Kelompok Konservasi Biota Laut Besampan Kurau, bersama mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) Angkatan XV, melakukan transplantasi terumbu karang dan membuat bioreeftek, di perairan Pulau Ketawai Desa Kurau Timur, Kecamatan Koba Kabupaten, Bangka Tengah, Rabu ( 11/08/2020 ).

Sebelum dilakukan penurunan artificial reef atau terumbu karang buatan di area konservasi di Pulau Ketawai, terlebih dahulu dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman ( MoU ) antara  Pemerintah Desa Kurau Timur dengan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi UBB.

Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh Dr. Tri Lestari selaku Dekan Fakultas tentang Program Pengembangan Institusi, Penelitian, Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat UBB.



” Kegiatan transplantasi terumbu karang yang kami bersama mahasiswa UBB ini, untuk menjaga dan melestarikan terumbu karang, karena hal ini penting untuk melindungi serta menjaga terumbu karang dan biota laut lainnya,”ujar Ketua Kelompok Konservasi Biota Laut, Hendra, Rabu ( 12/08/2020 ).

Lanjut Hendra, kegiatan konservasi ini direncanakan akan berlangsung selama lima hari kedepan, mengingat saat ini banyak terumbu karang yang rusak, dan ini merupakan tanggung jawab bersama.

” Terumbu karang banyak yang rusak, salah satunya akibat terkena jangkar perahu, untuk itu semua pihak harus bertanggung jawab menjaganya, termasuk Pemerintah Desa Kurau Timur, mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan terumbu karang ini,”tutur Hendra

Menurutnya, potensi terumbu karang sangat bagus yang ada di perairan Desa Kurau sehingga banyak terumbu karang yang harus dijaga, karena itu butuh peran serta masyarakat dalam menjaganya.

” Harus dijaga supaya keberlangsungan terumbu karang tetap terjaga dengan baik, sehingga bisa mengangkat pariwisata khususnya wisata bahari di Desa Kurau,”ujarnya. 

Sementara itu Kepala Desa Kurau Timur, Jasila mengatakan, dirinya sangat mendukung serta mengapresiasi inisiatif Kelompok Konservasi Biota Laut Kurau, dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan transplantasi terumbu karang di perairan Pulau Ketawai.

” Sangat mendukung sekali apa yang di lakukan oleh kelompok Konservasi Biota Laut ini, ini kegiatan yang sangat positif dan harus terus dilestarikan,”ucapnya.

Lebih lanjut, dia meminta warga yang berada di pesisir pantai serta para kelompok nelayan juga harus berperan aktif menjaga lingkungan, dengan cara memberikan edukasi untuk tidak merusak karang dan lainnya agar menjaga biota laut tetap lestari.

“Jaga laut kita bersama – sama, sehingga biota laut tetap terjaga dan lestari,”pungkasnya. ( * )




Reporter : Mahesa Hariyana || Editor : SK

Pos terkait