Kemenristek Terbitkan Izin Operasi Prodi Kelautan

  • Whatsapp

foto2

PANGKALANBARU, UBB — Di Bangka Belitung (Babel) ke depan akan lebih banyak tersedia tenaga profesional di bidang kelautan, menyusul Kemenristekdikti telah menerbitkan izin operasi Program Studi (Prodi) Kelautan di Universitas Bangka Belitung (UBB).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Ditjen Kelembagaan Kemenristekdikti Dr Ir Agus Indarjo MPh, Kamis lalu, mengatakan kehadiran Prodi Kelautan ini selain menambah jumlah prodi yang ada di UBB, ia sekaligus mempertajam kiprah Tridharma Perguruan Tinggi UBB.

“Dengan adanya Prodi Kelautan itu maka kiprah Tridharma Perguruan Tinggi UBB ini semakin sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh!,” ujar Agus dalam acara Wisuda ke 13 UBB di Hotel Novotel Bangka.

Provinsi Kepulauan Babel menurut Agus memiliki 400-an pulau, satu sama lainnya dihubungkan dengan perairan laut. Untuk mengelola dan memanfaatkan kekayaan yang terkandung di dalam sumberdaya yang ada, perlu peran akademisi dan tenaga profesional di bidang kelautan.

“Ke depan, dengan adanya prodi kelautan ini, di Babel akan semakin tersedia scientific, tenaga-tenaga profesional yang akan mengelola: apakah itu poros maritim, potensi di permukaan laut, di kolom air, ataupun di dasar perairan. Semua itu untuk menyejahterakan masyarakat!,” tegas Agus dalam Rapat Senat Khusus Terbuka UBB yang diketuai Dr Ir Muh Yusuf MSi (Rektor UBB).

Selain menyetujui izin operasional Prodi Kelautan, Kemenristekdikti pun telah menyetujui OTK (Organisasi dan Tata Kelola) untuk UBB.

“OTK itu adalah buku induk yang menjadi acuan bagaimana organisasi akan bergerak dan bagaimana struktur organisasi akan dilaksanakan. Untuk itu, segeralah proses hal-hal yang terkait dengan statuta!,” ujar Agus.

Dalam kesempatan terpisah Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi menjelaskan, UBB yang berstatus perguruan tinggi negeri (PTN) sejak tahun 2010 ini memiliki lima fakultas dengan 18 prodi. Rinciannya, tiga prodi masing-masing di Fakultas Ekonomi dan Fisip, enam prodi di Fakultas Teknik, lima prodi di Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi dan satu prodi di Fakultas Hukum.

“Dengan Kemenristekdikti menerbitkan Prodi Kelautan maka UBB memiliki 19 prodi,” ujar Muh Yusuf.

Beberapa waktu yang lalu kemenristekdikti telah menerbitkan tiga prodi baru, yaitu Prodi Fisika dan Kimia (di Fakultas Teknik) dan Prodi Ekonomi di Fakultas Ekonomi. Tiga prodi dimaksud telah menerima mahasiswa baru.

Sementara itu Wakil Rektor II Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc ketika berbicara pada pembukaan FGD Susduk, Fungsi dan Peran DPR RI di Hotel Santika, Kamis lalu, mengatakan dengan adanya prodi baru itu maka UBB berencana akan menambah dua fakultas baru.

“Dua fakultas baru itu nantinya adalah Fakultas MIPA dan Fakultas Kelautan,” ujar Agus Hartoko (Eddy Jajang Jaya Atmaja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan