KENALI TANDA SEBELUM DATANGNYA ANGIN PUTING BELIUNG

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan wilayah yang dikelilingi oleh lautan luas, dan berpotensi besar untuk dilanda oleh Angin Puting Beliung. Keadaan ini tentunya membutuhkan penanganan khusus, jika terjadi fenomena alam tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut Muhammad Nurhuda, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas 1 Pangkalpinang, melalui staff Forecaster On Duty, Muhammad Nurwahyudi, Minggu (16/04/2017) siang, yang dikonfirmasi via sambungan seluler mengatakan, ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan oleh masyarakat terkait Angin Puting Beliung.

Diantaranya ialah memperhatikan gejala disekitar kita, untuk memastikan apakah angin tersebut termasuk Angin Puting atau bukan. Dengan demikian diharapkan dapat meminimalisasi ekses yang terjadi.

“Gejalanya, satu hari sebelumnya udara pada malam hari, hingga paginya terasa panas dan gerah. Mulai tumbuh awan Cumulus (awan berlapis-lapis). Kemudian awan tersebut akan berubah mendadak dan cepat sekali menjadi abu-abu kehitaman,” ucapnya.

Puting Beliung biasanya terjadi secara singkat dan lokal, maka sangat sulit untuk diprediksi kapan dan dimana terjadinya. Namun ada beberapa tolok ukur yang bisa dijadikan acuan.

” Kondisi disekitar kita baik pohon-pohon atau ranting akan beterbangan dan bergoyang dengan cepat. Angin juga terasa dingin menerpa kita,” imbuhnya lagi.

Kemudian dilanjutkan Nurwahyudi, untuk mengantisipasi terjangan Angin Puting Beliung itu sendiri, dapat dilakukan dengan cara mematikan arus listrik di rumah, menebang dahan pohon tinggi, dan segera berlindung atau menjauh dari lokasi kejadian.

“Listrik dimatikan, menebang pohon yang berpotensi untuk tumbang, dan segera menjauh dari lokasi Angin,” pungkasnya. (LH)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan