KODIM 0413/BANGKA BERSAMA PEMDA BANGKA BARAT TANAM PADI SERENTAK MEWUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN

  • Whatsapp

img-20161018-wa0173

KABARBANGKA.COM — Kodim 0413 Bangka bersama-sama Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat menanam padi serentak untuk mewujudkan swasembada pangan, (Selasa.18/10)

Bacaan Lainnya

Tanam padi serentak kemarin siang dilaksanakan di lokasi Persawahan Transmigrasi Desa Jebus Kec. Jebus Kab. Babar dibawah pengawasan dari Babinsa dari Koramil 413- 06/Jebus.

Tema yang diangkat kegiatan tanam serentak kali ini “Melalui Gerakan Tanam Serentak pada lokasi cetak sawah diwilayah Kodam II/Swj kita wujudkan Swasembada Pangan Nasional Berkelanjutan”

Acara tanam serentak di Kec Jebus ini secara resmi dibuka Oleh Gubernur Kep.Babel yang diwakili Staf Ahli( Tajuddin,ST),

Sebelum melaksanakan tanam padi diawali dengan sambutan Kades Jebus( Sdri. Siti Rohana) “Saya atas nama warga bangga didesanya dilaksanakan penanaman padi serentak, dan saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan desa kami ditunjuk untuk menggelar kegiatan ini dari bapak-bapak sekalian”ungkap Kades.

Sambutan dilanjutkan Bupati Babar menyanpaikan bahwa “isu ketahanan pangan sangat penting terutama beras,jagung dan kedelai yang diharapkan dapat terwujud program upsus swasembada Pangan di Babar ini”.

Produksi beras di Kab. Babar tahun. 2015 hanya berkisaran 2000 ton diharapkan tahun. 2016 ini semakin meningkat.”

Harapan Bupati dengan dilaksanakan Tanam padi serentak di Desa Jebus ini akan menjadi contoh di wilayah Kab. Babar yg lainnya untuk mengikuti meningkatkan produksi beras”papar Bupati.

Adapun sambutan Gubernur Kep.Babel yang di bacakani Staf Ahli( Bapak Tajudin, ST menyampaikan bahwa “Tanam serentak merupakan program pemerintah pusat dalam rangka program ketahanan pangan nasional.

Gubernur berharap “kegiatan ini akan meningkatkan dan mencapai swasembada pangan sehingga wilayah Bangka Barat tidak tergantung pada daerah lainnya.

Dandim 0413/Bangka Letkol Inf Daniel menyampaikan “kegiatan tanam padi serentak ini merupakan upaya khusus yang dilakukan oleh TNI ini dalam rangka membantu program pemerintah pusat mewujudkan swasembada pangan, sehingga tercapai kedaulatan pangan di tahun 2017 nanti”papar Dandim.

Acara dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab warga dari poktan
perwakilan warga Sajudin “mengucapkan terimakasih kepada TNI dan Pemda atas bantuan alsintan”,

Lebih lanjut warga menyampaikan bahwa luas lahan lokasi tranmigrasi ds.jebus seluas 80 hektar dan baru terealisasi 34 hekta dan meminta di bukakan tambak ikan dilokasi rawa-rawa untuk meningkatkan taraf hidup warga sini”jelasnya.

Hadir pada acara tanam serentak ini Kepala Badan Ketahanan Pangan RI( Kurniani), Danrem 045/Gaya diwakili Kasi Ter, Seketaris Badan ketahanan Pangan Prov.Kep.Babel, Bupati dan Wakil Bupati Babar, Dandim 0413/Bka, Kapolres Babar diwakili Wakapolsek Jebus, Seketaris Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Pertanian Kab. Babar, Kadis SKPD lingkungan Pemkab.Babar dan para Danramil Wil Kab Bangka Barat.(RH Penrem)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan