KOMISI I DPRD PANGKALPINANG, AKAN PERJUANGKAN BPJS BAGI TENAGA HONORER

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang, Rio Setiady ST mengatakan, bahwa terkait Tenaga Honorer di lingkungan Pemerintahan Kota Pangkalpinang, yang belum terdaftar menjadi Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan, sebenarnya sudah pernah dibahas dalam rapat internal Komisi I.

Bacaan Lainnya

” Masalah ini sebenarnya sudah pernah kita bahas di internal komisi I pada semester satu tahun 2016 , namun pada waktu itu di pangkalpinang terkendala gaji tenaga honorer yang dibawah standar minimum yaitu Rp. 1,7 juta,” jelasnya.

Lebih lanjut politisi PKS ini juga menyebutkan kalau honorer pemkot termasuk kategori Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri( PPNPN), makas bayat iuranya ke KPPN sama sengan Pegawai Negeri sipil( PNS) pada umumnya.

” Namun kalau gaji tenaga honorer di bawah Rp. 1,7 juta maka kepesertaannya adalah mandiri atau kolektif. Beberapa waktu lalu saya dapat info dari BPJS Proposal ke pemkot atau DPPKAD kota sudah di kirimkan cuma sampai saat ini belum ada jawabannya,” cetusnya.

Menurutnya, Kepersertaan BPJS adalah wajib bagi setiap warga negara. Sementara regulasinya cukup dinamins dalam artian sering berubah dalam waktu yang tidak terlalu lama.

” Maka Kami melihat terlebih dahulu, Kebijakan apa yang akan di ambil pemkot apakah sudah sesuai prosedur atau tidak, jika memang terbukti merugikan para honorer, Maka saya pastikan kami di DPRD tidak akan tinggal diam,” tegasnya.

Ia juga menghimbau bagi siapapun yang merasa hak haknya belum di berikan, padahal ada regulasi yang membolehkan, maka pihaknya dari komisi I siap mefasilitasi dan memperjuangkan apa yang seharusnya telah menjadi hak karyawan.

” Kami berharap jaminan sosial seluruh untuk tenaga honorer pemkot dapat di cover, karena bpjs ini kan wajib bagi setiap pegawai. Bahkan pada pegawai yang gajinya tidak sampai UMP atau di bawah.Rp. 1.7 juta, kami akan mengusulkan agar masuk PBI (peserta bantuan iuran),” pungkasnya. (3k0)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan