Mahasiswa PTN se- Wilayah Barat Menyelesaikan KKN Bersama Di Bangka

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — 150 orang mahasiswa dari 28 Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) wilayah Barat menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Bersama di kabupaten Bangka.

Bacaan Lainnya

28 perguruan tinggi yang mengirimkan utusan dalam KKN bersama di kabupaten Bangka diantaranya Universitas Bangka Belitung, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Medan, Universitas Riau, Universitas Andalas, Universitas Jambi, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu dan sejumlah niversitas lainnya.

Selama 30 hari kegiatan KKN dilaksanakan, Rabu (30/8) para mahasiswa diserahkan kembali ke universitas masing – masing dalam acara penarikan mahasiswa KKN bersama 28 PTN wilayah Barat di gedung Wanita Sungailiat.

Penarikan dilakukan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah yang juga didampingi Bupati Bangka Tarmizi Saat serta disaksikan para rektor dan wakil rekor PTN se wilayah Barat, Kepala OPD dan undangan lainnya.

Sebelum acara penarikan kembali mahasiswa peserka KKN berssma, para mahasiswa memaparkan hasil KKN yang berlangsung di 5 desa dalam wilayah kabupaten Bangka oleh masing – masing ketua KKN meliputi desa Payabenua, Rukam, Cengkong Abang, Penyamun dan Gunung Muda.

Ketua KKN desa Gunung Muda Fedian Fernanda menjelaskan, khusus di desa Gunung Muda telah melakukan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat, termasuk melakukan penyuluhan kepada suku terasing orang Lum di Air Abik.

Dikatakannya, orang Lum banyak yang belum memiliki Kartu Keluarga maupun Kartu Penduduk selayaknya warga negara Indonesia yang tercatat dalam data Kependudukan.

“ Bahkan warga orang Lum ini, tidak memiliki nama sehingga mereka hanya dipanggil dengan nama sebutan seperti emak dan lainnya,” ujarnya.

Diharapkan Ferdi Pemerintah Kabupaten Bangka dapat membantu orang Lum di Air Abik, terutama dalam pendataan kependudukan.

Sementara itu Wakil Gubernur Kepuluan Bangka Belitung Abdul Fatah mengharapkan melalui KKN yang telah dilakukan di Kabupaten Bangka dapat menambah wawasan, khususnya dalam mempraktekkan pelajaran yang didapat di bangku kuliah.

Kepada para mahasiswa yang berasal dari luar Bangka Belitung, Wagub juga mengharapkan dapat menjadi pengalaman yang penting serta dapat memperkenalkan Bangka Belitung di daerah asalnya masing – masing.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para mahasiswa KKN bersama dan dosen pembimbing lapangan yang telah ikut berpartisipasi aktif mensosialisasikan program Startegis Pmerintah kabupaten Bangka.

Selain itu ucapan terimakasih kepada Camat dan Kepala Desa yang telah memfasilitasi selama program dan KKN berlangsung. (Rus/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan