MASJID AGUNG SUNGAILIAT DAPAT PENGHARGAAN MASJID PERCONTOHAN NASIONAL

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Masjid Agung Sungailiat mendapat penghargaan sebagai finalis masjid percontohan tingkat nasional dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Penghargaan tersebut ditandatangani langsung oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin pada acara Seminar, Penganugerahan Masjid Percontohan, dan Launching ID nasional masjid tahun 2016 di Hotel Lumire, Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Bacaan Lainnya

Kepala Bagian (Kabag) Humas, PDE, dan Santel Setda Bangka, Boy Yandra, mengatakan bahwa lomba masjid percontohan tersebut telah dilaksanakan penilaian oleh Kementerian Agama pada tahun 2015 lalu dan dari seleksi yang dilakukan maka Masjid Agung Sungailiat ditetapkan sebagai salah satu masjid percontohan tingkat nasional.

Dijelaskan Boy Yandra lagi, pada acara pemberian penghargaan tersebut diterima langsung oleh Ketua Masjid Agung Sungailiat, Ustad Saiful Zuhri yang didampingi Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat selaku pembina masjid Agung Sungailiat.

Masjid Agung Sungailiat saat ini memang sudah berada di naungan Pemda Bangka yang mana asetnya masuk sebagai aset Pemda Bangka sehingga dalam operasionalnya Pemda Bangka berkewajiban untuk memberikan bantuan kepada masjid Agung Sungailiat.

Dalam penganugerahan tersebut, Bupati Bangka juga turut serta mengikuti kegiatan seminar, penganugerahan masjid percontohan dan launching ID nasional masjid tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Direktorat urusan agama Islam dan pembinaan syariah Dirjen Pembimbingan masyarakat Islam Kemenag RI.

‘’Bupati Bangka sebagai pembina dan Ustad Saiful Zuhri sebagai Ketua Badan Pelaksana Pengelolaan masjid menerima penghargaan Piala dan Piagam masjid Agung percontohan tingkat nasional dari Dirjen Bimas Islam, Prof. Dr. Abdul Jamil di Hotel Lumire. Untuk kategori paripurna diraih Riau, Surabaya, dan Yogya sedangkan Kabupaten Bangka finalis kategori Idarah (Kemakmuran),’’ungkap Boy Yandra.

Dikatakan Kabag Humas lagi, pemeliharaan (imarah) yang mana perhatian Pemkab Bangka sangat tinggi dengan kemajuan dalam pembangunan masjid Agung Sungailiat. Penilaian dilakukan dari tingkat kabupaten dan provinsi di tahun 2015 dengan bidang penilai bagian direktorat urusan agama Islam dan pembinaan syariah sundit kemasyarakatan dengan bertujuan menilai dan menetapkan model tipologi masjid besar yang dapat dijadikan rujukan pengelolaan masjid-masjid lain.

‘’Penetapan pemenang masjid percontohan ditetapkan secara musyawarah/ voting dan kedepannya Bupati Bangka akan menjadikan masjid Agung Sungailiat menjadi PARIPURNA yang mana idarah, iarah dan riayah sudah bisa dilakukan dengan baik dan pustakanya sudah elektronik serta akan meningkatkan SDM pengelolaan masjid Agung mencapai PARIPURNA,’’kata Kabag Humas. (Edo/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan