Masyarakat Dusun Menggarau Gelar Khataman Qur’an Massal

  • Whatsapp

KABARBANGKA.COM — Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam, karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Bacaan Lainnya

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram, tahun baru bagi kalender Hijriyah, tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah. Penghitungan kalender hijriyah dimulai ketika masa Khalifah Arrasyidin, yakni Khalifah Umar bin Khattab.

Untuk merayakan dan memeriahkan tahun baru hijriyah, masyarakat Dusun Menggarau, Desa Peradong, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, menggelar khataman qur’an secara massal di Masjid Al-‘Amal desa setempat.

Menurut Ratna, selaku Kepala TPA Dusun Menggarau, peserta yang ikut dalam khataman massal tersebut sebanyak 15 orang.

“Kegiatan ini, dalam rangka menyambut dan memeriahkan serta merayakan tahun baru hijriyah, yang diisi dengan khataman qur’an secara massal ini sudah yang ketiga kalinya (tahun ke – 3)” tuturnya.

Ratna berharap, nantinya akan terus dilaksanakan kegiatan, karena dengan digelar khatam secara massal dapat memotivasi dan memberikan semangat bagi masyarakat di Dusun Menggarau, khususnya bagi anak-anak. (*)

Penulis: Abinayrus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan