Minta Mahasiswa KKN Daftar Budaya se Babel, UBB Siap Jadi Empresario

  • Whatsapp

4x

TOBOALI (UBB) — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UBB diminta untuk berperan aktif mendaftar budaya lokal (baik benda maupun tak benda) di seputar wilayah KKN. Pasalnya, UBB, sebagai lembaga pendidikan, akan memerankan diri sebagai pelestari budaya Bangka Belitung (Babel).

Bacaan Lainnya

“Babel kita ini kaya akan aneka ragam budaya, baik benda maupun tak benda. Ada berbagai jenis tari, pantun, musik tradisi dambus dan sebagainya. Semua itu harus ‘diuri-uri’ (dipelihara), karena budaya merupakan aset yang tak ternilai harganya,” tukas Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi di Posko KKN UBB Angkatan XI di Desa Serdang, Bangka Selatan, Rabu (03/08/2016).

Menurut Muh Yusuf, mahasiswa KKN selain mempraktikkan ilmunya ke tengah masyarakat, ia pun harus mendata semua potensi unik yang ada di wilayah KKN. Baik berupa kecerdasan luar biasa dari kalangan siswa atau pemuda, bakat-bakat unik di bidang olahraga, maupun ragam budaya lokal yang hidup di tengah masyarakat.

“Bila ditemukan ada anak berbakat bagus, bekecerdasan tinggi, juga di bidang olahraga, kesenian dan budaya, kita data dan bantu melaporkan ke pemerintah setempat. UBB pun akan menginisiasi anak-anak berbakat hingga menyelesaikan pendidikan tinggi. Semua itu untuk Bangka Belitung,” ujar Muh Yusuf didampingi Wakil Rektor II Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc.

Dikemukakan, di UBB sendiri, dalam waktu dekat akan mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Budaya Melayu. Di mana UKM ini akan mengakomodir dan melestarikan seni-budaya Melayu yang hidup di Bumi Serumpun Sebalai.

“Harus ada wadah khusus untuk mengakomodir mahasiswa-mahasiswa berbakat di bidang seni budaya. UKM Budaya Melayu itu akan mewakili UBB dalam festival dan lomba sejenis di tingkat nasional,” terang Muh Yusuf.

Tahun depan, UBB direncanakan menjadi penyelenggara sebuah festival yang akan kita namakan Festival Budaya Melayu Serumpun Sebalai. Lokasinya di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Merawang.

“Untuk mewujudkan festival ini, kita akan bekerjasama dengan sejumlah lembaga dan instansi di daerah ini,” tukas Muh Yus.

Tahun ini, UBB menerjunkan 767 mahasiswanya untuk KKN di Bangka Belitung. Mereka disebarkan di 20 desa atau lokasi dengan bimbingan langsung 20 dosen pendamping lapangan (DPL). Sebanyak 15 mahasiswa UBB lainnya menjadi peserta KKN Kebangsaan di Provinsi Kepulauan Riau (Eddy Jajang Jaya Atmaja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan