Pasang Tarif Rp. 1,5 Juta, Wawan Mengaku Kasihan pada Penumpangnya

  • Whatsapp



BANGKA BARAT — Darmawan alias Wawan ( 56 ), warga Desa Sungsang Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan berkilah dirinya menyeberangkan ASN dan keluarganya ke Muntok Bangka Barat karena kasihan. Sebab, penumpangnya mengatakan hendak melihat orang tuanya yang sedang sakit di Bangka.

” Ibu itu kan minta bantu mau liat orang tuanya lagi sakit di Bangka, minta tolong. Kita kesian jugo jadi kita bantu,” jelas Darmawan kepada awak media di Mako Sat Polair di Kelurahan Tanjung, Muntok, Selasa ( 28/4/2020 ) siang.

Tarif Rp. 1,5 juta yang ia patok untuk sekali carter, menurutnya untuk modal bensin dan membayar gaji anak buahnya. Dia mengaku tidak mengetahui mengenai larangan mudik dan penutupan Pelabuhan Tanjung Kalian.

” Memang kami ngangkut penumpang dari Sungsang ke Makarti, baru kali ini ke Bangka. Nggak tahu melanggar, kami kan cuma disitu,” tukasnya.

Hal senada juga diungkapkan Jhony Jenni, pemilik Kapal Putra Asmara. Menurutnya, ia juga tergerak menyeberangkan empat orang mahasiswa ke Muntok karena kasihan. Bahkan Jhony membawa serta anaknya untuk membantu dia.

” Katanya mintak tolong benar, saya kan bawa speednya bukan di perairan sini tapi di Sungaisembilang. Tolong lah katanya, bapak nak kesana dak? katanya orang tuanya sakit. Jadi tiga empat kali di ngomong kayak gitu, mau dak mau laju saya ngasih tahu anak saya yang kecil bantu lah bapak,” tutur Jhony.

Tarif yang ia patok untuk sekali menyeberang nominalnya sama dengan Darmawan, Rp. 1,5.juta.

Jhony menambahkan, dirinya juga diminta oleh seorang supir angkot untuk menyeberangkan empat penumpang mahasiswa-nya. Namun ia sama sekali tidak mengenal supir angkot tersebut. Dia menyanggupi karena tidak menyadari Pelabuhan Tanjung Kalian ditutup untuk penumpang. Karena itu, Jhony merasa seperti terkena jebakan.

” Saya mintak tolong lah pada aparat Polda setempat, kita kan ndak tahu istilahnya maaf ngomong kita seperti korban gitu. Kalau tahu nggak mungkin kuraso,” cetus Jhony. ( SK )




Pos terkait